Kulon Progo (MIMAGA) – MI Ma’arif Garongan (MIMAGA) melaksanakan outing class renang untuk siswa kelas III dan IV di Kolam Renang UNY Wates, Rabu (26/02/2020).  Kepala Madrasah, Pertiwi Endah Pamungkas menyampaikan bahwa program outing class renang bagi siswa MIMAGA merupakan program rutin  dan telah berjalan dari tahun ajaran 2017/2018 hingga sekarang.

Outing class renang sudah dilaksanakan dua kali dalam satu semester yakni di awal dan di akhir semester. Kegiatan diikuti siswa kelas I sampai VI dengan bimbingan langsung oleh guru penjaskes serta dampingan dari kepala madrasah dan wali kelas masing-masing.

Romadi selaku guru penjaskes menyampaikan bahwa kegiatan dimulai dengan pemanasan sebelum memasuki kolam renang, yakni melakukan beberapa kegiatan peregangan otot tangan dan kaki. Hal tersebut dilakukan agar terhindar dari cidera berupa kram otot dan kesleo. Setelah itu dilanjutkan dengan melatih ketahanan tangan dan kaki dengan menapak-napakkan kaki di air serta mengayuh supaya terbiasa dalam gerakan berenang. Kegiatan tersebut penting dilakukan  agar benar-benar siap ketika terjun melakukan gaya renang. “Kegiatan dimulai dengan pemanasan dan dilanjutkan dengan melatih ketahanan tangan serta kaki. Kegiatan tersebut penting dilakukan  supaya benar-benar siap ketika terjun melakukan gaya renang,” ungkapnya.

Kepala sekolah, Pertiwi Endah Pamungkas menyampaikan bahwa kegiatan outing class merupakan bentuk komitmen untuk terus mengembangkan kegiatan pembelajaran, mengenalkan kepada siswa terhadap berbagai macam bentuk olahraga serta melatih kebugaran. “Kegiatan outing class renang ini merupakan bentuk komitmen untuk terus mengembangkan pembelajaran supaya lebih dinamis dan tidak monoton. Kegiatan renang ini juga dapat mengenalkan  para siswa dengan berbagai macam bentuk olahraga serta melatih kebugaran para siswa dengan praktik langsung olahraga perairan yang beberapa kali terbukti banyak bermanfaat bagi kesehatan”, ujarnya. (ama/abi)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *