Kulon Progo (Pokjawas) – Sebagai sarana untuk mencari bibit kafilah ke tingkat Kabupaten Kulon Progo, Kapanewon Lendah gelar Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Pelajar jenjang Sekolah Dasar. Selain untuk bibit di MTQ Pelajar, kegiatan tersebut juga bisa menjadi sara untuk mencari kafilah MTQ Umum yang rutin dilaksanakan. Panewu Lendah, Sutrisno, S.Sos menyampaikan hal itu saat memberikan sambutan pada Pembukaan MTQ Pelajar Jenjang SD diwilayahnya yang berlangsung di SDN Jatirejo, Lendah, Kamis (27/2/2020) pagi.

“MTQ Pelajar ini bisa menjadi ajang untuk mencari bibit kafilah ke tingkat Kabupaten Kulon Progo, baik untuk MTQ Pelajar maupun MTQ umum. Semoga dewan juri bisa benar-benar mendapatkan calon-calon yang terbaik,” ungkapnya.

Sutrisno juga mengapresiasi atas terlaksananya gelaran MTQ Pelajar tersebut sembari berharap agar acara tersebut juga bisa mendukung Penguatan Pendidikan Karakter. “Di samping mencari kejuaraan, kegiatan ini juga sebagai pendukung program  PPK (Pengatan Pendidikan Karakter)  dan mencetak generasi millenial yang Qur’ani,” imbuh Sutrisno.

Senada dengan Panewu Sutrisno, Ketua Panitia MTQ, Drs.Totok Waluyo Sanyoto, menyampaikan bahwa tujuan diadakan MTQ Pelajar tersebut antara lain untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan.  MTQ juga untuk menumbuhkembangkan pembentukan sikap mental, sportifitas, dan kejujuran, sekaligus sebagai tolok ukur untuk mengetahui kompetensi peserta didik dibidang PAI (Pendidikan Agama Islam).

Selain itu menurut Totok, MTQ juga untuk meningkatkan keberanian dan mandiri dalam menumbuhkan bakat dan minat, serta sebagai sarana syiar PAI.

Hadir dalam kesempatan itu Panewu Sutrisno, beserta unsur Forkompinkap, Lurah dan Kepala SD se-Lendah. MTQ Pelajar tersebut juga dihadiri oleh Pengawas PAI Kankemenag Kulon Progo, Anjar Purwantari, S.Ag. MSI yang berkesempatan untuk melantik Dewan Hakim. (anj/abi)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *