MTQ Pelajar Tingkatkan Syiar Islam pada Usia Dini

Kulon Progo (Pokjawas) – Kapanewon Kokap sebagai daerah Perbukitan Menoreh di Kabupaten Kulon Progo menggelar Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat pelajar Sekolah Dasar.  Kegiatan tersebut sebagai upaya untuk memperkuat tali silaturahmi dan syiar Islam. Hal ini disampaikan oleh Pengawas PAI Kankemenag Kulon Progo, Drs. Tukidi, M.S.I., saat membuka MTQ pelajar jenjang SD tersebut di SD Negeri Hargorejo, Kokap, Kulon Progo, Rabu (26/2/2020).

“MTQ Pelajar ini sebagai upaya untuk memperkuat tali silaturahmi dan syiar Islam dan untuk menggali potensi pelajar. Penting bagi pelajar, dikenalkan Pendidikan Agama sejak dini sebagai karakter dalam diri siswa,” ungkapnya.

“Pendidikan Agama ini selaras dengan implementasi dari pembangunan masyarakat menuju terwujudnya Kabupaten Kulon Progo sebagai daerah yang maju dan berakhlakul karimah yang berlandaskan Al Qur’an. Hal ini sesuai Peraturan Bupati Nomor 65 tahun 2017 tentang pendidikan karakter, terutama relligius, sebagai kabupaten yang cerdas, modern menuju masyarakat sejahtera dan religius. Peran agama di sini sangat krusial untuk mendidik mental siswa,” imbuh Tukidi.

Sementara itu, Ketua Panitia MTQ Pelajar, Muhaminan Khayi, S.Pd. mengatakan bahwa kegiatan tersebut dihadiri Ketua K3S SD, Drs. Sugiya yang juga Kepala SDN Tegiri, beserta seluruh Kepala SD se-Kapanewon Kokap. “Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh Kepala SD se-Kapanewon Kokap. Adapun peserta  yang mengikuti 96 orang yang sudah juara pada tingkat gugus masing-masing. Mereka berlomba dalam 8 jenis Cabang , yaitu MTQ, MST (Sari Tilawah),  MHQ, MTtQ, Musabaqah Seni Lukis Islami,  Lomba Pidato PAI, Musabaqah  Adzan, dan Lomba Cerdas Cermat PAI,” katanya.

Kegiatan MTQ ini dapat berjalan atas kerjasama berbagai pihak, baik dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Baznas Kabupaten, Seluruh Kepala Sekolah serta, KKG PAI SD Kapanewon Kokap.

Peserta yang juara 1, 2 dan 3 mendapatkan trophy dan sertifikat. Namun yang juara 1 akan ditambah uang pembinaan. Kemudian, Juara 1 MTQ nantinya akan diikutkan dalam MTQ Pelajar tingkat Kabupaten Kulon Progo, 18 Maret 2020 mendatang. (tkd/abi).

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.