Kulon Progo (MAN3KP) – Program pembelajaran di rumah dari pemerintah karena pandemi Corona (Covid-19) saat ini, menuntut guru semakin kreatif. Banyak cara mereka lakukan agar interaksi belajar tetap menarik dan menyenangkan meski di rumah.

Satu diantaranya dilakukan Ambar Mujiarti, S.Si, guru (CPNS) MAN 3 Kulon Progo. Dua pekan ini dirinya memanfaatkan aplikasi digital _quizizz_ untuk mengasah kemampuan siswa dalam mempelajari matematika.

“Selama ini matematika selalu dianggap pelajaran momok dan tak menyenangkan, tetapi dengan kemasan kekinian lewat media digital pandangan itu berubah,” kata Ambar, Rabu (15/4/2020).

Bagi dia, aplikasi-aplikasi pembelajaran seperti quizizz cukup ampuh menarik minat siswa. Bahkan orangtua yang turut mendampingi pun juga bisa menggunakannya.

Alasan Ambar menggunakan aplikasi quizizz karena memiliki tampilan menarik seperti permainan daring, dan skor tiap anak bisa langsung dilihat. Sehingga para siswa bisa berlomba untuk mendapatkan skor terbanyak.

“Para siswa bisa langsung bergabung dengan cara memasukkan kode atau tautan yang dibagikan guru,” jelas Ambar.

Sementara itu Kepala MAN 3 Kulon Progo, Moh Fadlil Afif, Lc. mengaku sangat mendukung inovasi para guru dalam pembelajaran dengan media digital. Terutama terkait dengan program pembelajaran jarak jauh karena pandemi Corona.

“Selain menjadikan lebih waspada dalam kebersihan dan kesehatan, pandemi ini telah mendorong para guru lebih kreatif dalam memanfaatkan kemajuan teknologi informasi, diantaranya pembelajaran dengan media digital,” ungkap Fadlil. (fjr/abi)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *