Kulon Progo (MTsN6KP) – Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN)  6 Kulon Progo di Brosot, Galur akan menerapkan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2020/2021 secara online. Jalur yang dibuka ada dua yakni jalur Tahfidz/Prestasi dan jalur Reguler. Hal itu dikatakan Kepala MTsN 6 Kulon Progo saat memimpin rapat terbatas bersama Kepala TU Sudaryati, Wakaur Kurikulum Marwati, Wakaur Sarpras Meilian Choiruddin, Wakaur Humas Ani Romadhoni dan Wakaur Kesiswaan Sutanto di Musalla madrasah setempat, Selasa (14/4/2020).

Menurut Imam, langkah yang diambil tersebut mengacu pada hasil rapat semua Kepala MI/MTS/MA se Kulon Progo beberapa waktu lalu. Untuk mendaftar di MTsN 6 Kulon Progo, siswa tak perlu datang ke madrasah namun dapat dilakukan melalui link https://forms.gle/cjrM9R94mDhTdHgUA .

Untuk jalur Tahfidz/Prestasi pendaftaran dimulai Jumat (1/5/2020) sampai dengan Kamis (11/6/2020), sedangklan pengumumannya Senin (15/6/2020).
Untuk jalur Reguler pendaftaran Rabu s.d Jumat (1-3/7/2020), pengumumannya Senin (6/7/2020).

Rapat juga membahas akan diterbitkannya surat keterangan Tahfidz, khususnya bagi kelas 9 yang akan digunakan untuk memasuki Madrasah Aliyah. Dalam waktu dekat semua pengampu Tahfidz diminta menyerahkan hasil/ capaian Tahfid siswa dalam bentuk soft file kepada panitia ujian.
“Dalam waktu dekat madrasah juga harus menyiapkan surat keterangan lulus dan rapor bagi siswa kelas 9 sebagai syarat untuk melanjutkan pendidikannya,” imbuh Imam.

Sembari mengajar jarak jauh secara daring, semua guru diminta membuat nilai rapor dalam format excel, guna menyiapkan Rapor Semester Genap selambat lambatnya 31 April 2020. Hal ini sebagai langkah antisipasi pembuatan Aplikasi Rapor Digital (ARD).

Wakaur Kurikulum Marwati menambahkan, madrasah tetap melaksanakan pembelajaran jarak jauh secara daring sampai tanggal 21 April 2020. Pembelajaran tetap menggunakan medsos namun untuk pembelajaran tertentu dikolaborasi dengan pembelajaran melalui televisi yang diinisiasi Mendkibud.

Wakaur Kesiswaan Sutanto menjelaskan, dalam PPDB nantinya berdasarkan akumulasi nilai rapor kelas 4 (2 semester), kelas 5 (2 semester) dan kelas 6 (1 semester). ”Yang dilihat tidak semua mata pelajaran, namun hanya Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA,” imbuh Sutanto.(tan/abi)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *