Kulon Progo (MTsN4KP) – OSIS MTsN 4 Kulon Progo mencari cara agar kegiatan class meeting yang biasa dilaksanakan paska kegiatan Penilaian Akhir Tahun (PAT) dapat tetap dilaksanakan. Mengingat masih terlalu riskan untuk melaksanakan tatap muka, maka diputuskan untuk laksanakan class meeting dengan sistem online.

Rapat koordinasi panitia inti class meeting yang terdiri dari Riska Noviyanasari, Tasya Ika Putri, Izka, Mutia Nur Khasanah, Evan Adianto, dan Sita Dian Rahmawati dilaksanakan via grup WA. Berdasarkan rapat tersebut akhirnya ditetapkan untuk melaksanakan beberapa cabang lomba yang memungkinkan untuk dilaksanakan secara daring. Sedianya, class meeting diadakan selama Sabtu-Rabu,  (20-24/6/2020).

“Salah satunya lomba nyanyi sholawat jawa. Kami sepakat untuk memberikan pilihan lagunya, yaitu Wahyu Kalaseba, Lir Ilir, Tombo Ati, dan Turi Putih,” papar Evan Adianto, salah satu panitia inti yang juga memiliki minat dalam bidang seni budaya jawa.

“Dilaksanakan dari rumah. Videonya saja yang diupload di instagram. Jangan lupa tag @osis_madsanefour,” tambahnya.

Materi lomba ini dipilih agar siswa semakin minat terhadap lagu-lagu sholawat Jawa yang legendaris dan bermakna dalam.

Lomba kedua yaitu kreasi barang bekas. Hal tersebut sejalan dengan program Adiwiyata yang dirintis oleh OSIS madsanefour, dengan mengolah sampah menjadi barang bernilai guna. Hal tersebut disampaikan Riska Nofiyanasari, dalam rapat koordinasi via WA.

“Sebagai siswa yang bermartabat, kita tidak hanya memiliki prestasi secara akademis. Kita juga harus memiliki kepedulian terhadap lingkungan. Juga memiliki keahlian untuk menjadikan sesuatu yang bermanfaat,” kata Azieva Estu Ramadani dalam unggahannya di IG.

Cabang lomba ketiga yang telah dilaksanakan adalah Qiro’ah. Seperti halnya nyanyi sholawat jawa, cabang lomba ini mewajibkan peserta untuk upload di IG video saat melantunkan ayat suci Al-Qur’an. Sebagai siswa madrasah, diharapkan para siswa memiliki keahlian tidak hanya dalam membaca Al Qur’an dengan tartil, akan tetapi juga dapat menampilkannya sebagai sebuah seni membaca Al Qur’an dengan indah.
Sedangkan cabang lomba ke-empat dan dilaksanakan selama dua hari, yakni lomba kreasi vlog bertema madrasahku hebat bermartabat. “Lomba vlog ini diberikan kesempatan dua hari, agar teman-teman punya banyak waktu untuk bikin videonya,” jelas Sita Dian Rahmawati, salah satu panitia yang menangani publikasi lomba.

“Semoga di tahun-tahun selanjutnya, adik-adik kelas dapat megikuti prestasi DKP yang telah berhasil menyabet juara 1 lomba Vlog Jelajah Budaya 2019,” tambahnya.

Semua hasil lomba yang telah diupload di IG dan tag OSIS akan terdata sebagai peserta class meeting dan berkesempatan mendapatkan hadiah. “Kami atas nama panitia mengucapkan terima kasih atas bantuan dan dukungan Bapak Ibu guru sehingga lomba ini dapat dilaksanakan,” ungkap Riska Nofiyanasari selaku ketua OSIS periode 2019/2020. Pelakasanaan lomba intern semacam ini diharapkan menjadi sarana bagi siswa untuk dapat mengaktualisasikan bakat dan keahlian siswa, dalam bentuk apapun, asal positif. Setelah class meeting usai, hasil lomba akan diumumkan melalui akun instagram OSIS MTsN 4 Kulon Progo. (siw/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

3 replies
  1. Ida
    Ida says:

    Sukses selalu buat MTs N 4 KP
    Anak2 semua hebat dan punya potensi yg luar biasa yg harus dipupuk dan dikembangkan….
    Salam “tetap semangat selalu manfast”

    Balas

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *