Kulon Progo (Kankemenag) – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kulon Progo mendapatkan BAZNAS Award. Penghargaan tersebut diperoleh dalam kategori Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Penghimpun Terbanyak II Tahun 2019/1441H. Kepala Kankemenag Kulon Progo, H. Ahmad Fauzi, S.H. menyampaikan hal itu usai menerima langsung penghargaan tersebut di Aula Adikarta Gedungkaca Pemkab setempat, Selasa (6/10/2020) pagi.

“Alhamdulillah, Kankemenag Kulon Progo mendapatkan Baznas Award dalam kategori UPZ Penghimpun Terbanyak II Tahun 2019/1441H,” ungkap Kakan.

“Semoga di masa mendatang akan meningkat lagi dengan penyerahan Zakat dari Tunjangan Kinerja dan/atau Tunjangan Profesi serta pendapatan lainnya. Sehingga harta kita menjadi barokah. Aamiin,” imbuhnya.

Ucapan syukur juga datang dari Kasubbag TU, Drs. H. Moh Mustolih. “Alhamdulillah, perlu disyukuri, semoga di tahun mendatang kesadaran pegawai Kemenag Kulon Progo semakin banyak untuk berzakat,” harapnya.

Sementara itu salah satu staf Seksi Dikmad, Hesti Muryaningsih mengaku sejak dirinya masuk di Kankemenag Kulon Progo tahun 1994 gajinya sudah langsung dipotong untuk zakat. “Betul, Kankemenag Kulon Progo sejak sebelum tahun 1994 sudah zakat. Saya masuk  tahun 1994 sudah langsung di ambil, hanya saja dulu masih dikelola Kankemenag sendiri,” ujarnya.

Ketua Baznas Kulon Progo, Drs. H. Abdul Madjid dalam acara tersebut menyampaikan bahwa dalam penghimpunan ZIS dari tahun ke tahun mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Bila tahun sebelumnya penghimpunan berkisar Rp 300 juta pertahun, kemudian mulai ada perkembangan, yaitu selama tahun 2018 sejumlah Rp 4,1 miliar, tahun 2019 sebesar Rp 8,9 miliar, serta tahun 2020 (periode Januari hingga Agustus) sejumlah Rp 6,3 miliar.

Peningkatan penerimaan ZIS ini tidak terlepas dari peran Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Instansi, Lembaga maupun perorangan dalam menghimpun ZIS.

“Terhadap pencapaian penghimpunan tersebut, kami merasa perlu untuk memberikan penghargaan berupa Baznas Award,” kata Abdul Madjid sambil menambahkan bahwa Baznas Award 2020 ini (dari hasil penghimpunan 2019) merupakan yang pertama kali diadakan.

Abdul Madjid berharap dari penyelenggaraan ini bisa menggugah pihak lain agar lebih giat dan kreatif dalam pengumpulkan ZIS. “Serta bisa memberi dampak positif untuk terus menginspirasi dan mendukung kemajuan perzakatan,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut juga diputar video Dr. (HC) dr. H. Hasto Wardoyo SpOG(K) penerimaan award sebagai Inspirator Kebangkitan Zakat yang tidak bisa hadir, dan diwakili Reni Hasto Wardoyo. Baznas Kulon Progo Award 2020 ada 12 kategori dengan 20 penerima, di antaranya Drs. H. Sutedjo sebagai Penggerak Kebangkitan Zakat, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Penghimpun Terbanyak I (Rp 5,4 M), Persatuan Wartawan Kulon Progo (PWK) merupakan Pendukung Informasi Baznas, Muzaki Perorangan Pembayar Zakat Terbanyak H. Kasam, serta kategori lainnya.

Untuk tahun ini Kankemenag Kulon Progo meraih Baznas Award 2020 kategori UPZ Penghimpun Terbanyak II dengan jumlah Rp 366.002.505,00. Selain pemberian penghargaan digelar pula pengajian oleh Ustadz H. M. Wahib Jamil, S.Ag. M.Pd., Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag DIY. (abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *