Kulon Progo (MAN3KP) – Sebanyak enam siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Kulon Progo mengikuti Kompetisi Sains Madrasah Online (KSMO) Tingkat Nasional di madrasah setempat, Rabu (11/11/2020).

Pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah diselenggarakan secara online karena kondisi pandemi Covid-19. Peserta KSMO dari MAN 3 Kulon Progo antara lain, Matematika Terintegrasi (Diva Al Diniyah), Fisika Terintegrasi (Ika Andriyani), Biologi Terintegrasi (Lala Sulis Setyowati), Ekonomi Terintegrasi (Miftahul Janah), Kimia Terintegrasi (Siti Nur Fadhilah), dan Geografi Terintegrasi (Yeriastana Jati Ramadhani). Ujian KSMO dibagi dalam tiga sesi dari pukul 08.00 sampai dengan 15.00 WIB. Peserta KSMO mengikuti ujian secara bertahap dan tetap menjaga protokol kesehatan.

Kepala MAN 3 Kulon Progo, Moh. Fadlil Afif, Lc. dalam sambutannya mengaku bersyukur memiliki anak-anak yang berprestasi. “Alhamdulillah anak-anak memiliki prestasi bagus di KSMO Tingkat DIY. Ini berkat dukungan dari para pembimbing dan semangat anak-anak dalam belajar di sela tugas-tugas mereka mengikuti program Belajar Di Rumah (BDR). Melihat semangat dan antusiasme anak-anak, saya punya harapan anak-anak mendapat prestasi terbaik tidak hanya di tingkat DIY, tetapi juga di tingkat nasional,” ujarnya.

Lebih lanjut Fadlil menjelaskan bahwa ke depan MAN 3 Kulon Progo akan membentuk guru tim akademik yang akan melatih siswa dalam berbagai kompetisi akademik seperti Kompetisi Sains Madrasah (KSM), Kompetisi Sains Nasional (KSN), dan Olimpiade Penelitian Sains Indonesia (OPSI).

Dengan demikian madrasah tidak hanya kaya prestasi non akademik, tetapi menjadi kandang juaranya berbagai kompetisi akademik baik tingkat lokal, nasional, bahkan internasional. Fadlil memiliki keyakinan prestasi MAN 3 Kulon Progo dapat lebih melejit lagi, karena sumber daya manusia yang bagus, baik siswa maupun guru pembimbing. “Mereka memiliki kemampuan dan semangat yang luar biasa. Man jadda wa jadda,” pungkasnya. (nur/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

8 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *