Kulon Progo (MAN2KP) – Makin bertambahnya kasus Covid-19 di Indonesia membuat semua lini pemerintah mengambil berbagai langkah kebijakan pencegahan dan pengendalian penyebaran. Salah satunya melalui Instruksi Menteri Agama RI Nomor 1 Tahun 2021 tentang Peningkatan Disiplin Penerapan Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Desease 2019 pada Kementerian Agama. Menyikapi hal tersebut, Kanwil Kemenag DIY merespon cepat dengan menyelenggarakan zoom meeting sosialisasi instruksi menteri terkait penerapan protokol kesehatan 5M (Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan, Menjauhi kerumunan, serta Membatasi mobilitas dan interaksi) pada ASN Kemenag. Tak terkecuali MAN 2 Kulon Progo sebagai madrasah yang berada dalam jaringan strategis untuk menyukseskan gerakan 5M juga turut berpartisipasi baik melalui berbagai aksi maupun zoom meeting sosialisasi pencegahan penyebaran Covid-19, Selasa (9/2/2021).

Kasi GTK Kanwil Kemenag DIY, H. Abdul Su’ud, S.Ag,.M.Si. dalam kesempatan itu memaparkan satu persatu instruksi menteri. “Secara umum, instruksi ini meminta ASN Kemenag agar selain menjadi teladan, ASN harus aktif dalam sosialisasi dan penerapan disiplin prokes di lingkungan satkernya termasuk dengan melibatkan tokoh agama dan masyarakat. ASN kemenag juga diminta meminimalisasi kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan banyak orang,” ujarnya.

Su’ud juga menegaskan agar 5M benar-benar diterapkan di madrasah. Hal ini untuk mengurangi laju pertambahan Covid-19. “Madrasah harus berpartisipasi aktif, bersama-sama melaksakan 5M dengan seksama. Mari berkomitmen dan konsisten untuk melaksanakan intruksi. Dengan melaksanakan intruksi kita bisa berkontribusi terhadap pencegahan penyebaran Covid-19, dan semoga segera diangkat dari bumi ini,” imbaunya.

Sementara itu beberapa hari sebelum sosialisasi instruksi menteri tersebut diadakan, MAN 2 Kulon Progo juga sudah bergerak proaktif melakukan sosialisasi 5M. Beberapa langkah itu antara lain membuat Video Kumpulan Twibbon MAN 2 Kulon Progo, Layanan Khotbah Jumat dengan Penyemprotan Disinfektan, Pemasangan Banner Ajakan Patuhi 5M, Pembuatan Video Sosialisasi 5M, Sosialisasi 5M melalui website madrasah, Pembuatan dan Pembagian Gratis Stiker Sosialisasi 5M. “Kami mendukung dan siap menyukseskan gerakan 5M sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Dibutuhkan peran seluruh masyarakat untuk bersama-sama dengan penuh kesadaran menghentikannya, dengan melaksanakan 5M secara disiplin mulai dari diri masing-masing.” Demikian ungkap Hartiningsih, M.Pd., Kepala MAN 2 Kulon Progo di sela-sela kesibukannya menyiapkan langkah persiapan Try Out Survei Zona Integritas. (ast/abi).

Tetap sehat dan semangat
#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *