Kulon Progo (MTSN3KP) – Menindaklanjuti surat dari Dinas Kesehatan Kulon Progo perihal Pemetaan Paparan Covid-19 pada SDM Paud, TK, SD/MI, dan SLTP/MTs, maka seluruh guru dan karyawan Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Kulon Progo mengikuti skrining RDT antibodi Covid-19 yang bertempat di Pendopo Kapanewon Nanggulan, Kulon Progo. Pelaksanaan skrining dilaksanakan dalam 2 tahap yaitu pada Kamis (8/4/2021) dan Sabtu , (10/4/2021).

Skrining tidak hanya diikuti oleh Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Kulon Progo, namun juga seluruh tenaga pendidik dan pendukung kegiatan belajar mengajar di wilayah Kapanewon Nanggulan. Sebelum pelaksanaan scrining RDT antibodi Covid–19, petugas mengingatkan agar peserta skrining melaksanakan protokol kesehatan terlebih dahulu antara lain cuci tangan pakai sabun. Sebelum memasuki area skrining, petugas memberikan formulir pemeriksaan rapid diagnostic test Covid-19 yang harus diisi antara lain memuat identitas, gejala dalam 14 hari terakhir, penyakit penyerta, dan faktor resiko. Sebelum akhirnya menunggu panggilan skrining dari petugas.

Tujuan diadakannya skrining ini untuk mengetahui kondisi kesehatan pendidik maupun tenaga kependidikan khususnya di wilayah Kapanewon Nanggulan sebelum dilakukan vaksin. Bagi yang mengalami gangguan kesehatan terutama yang memiliki penyakit bawaan maka pemberian vaksin akan dilakukan secara khusus.

Salah satu petugas medis Puskesmas Nanggulan, Wiwid mengatakan bahwa manfaat vaksin adalah untuk kekebalan tubuh. ”Salah satu manfaat vaksin Covid-19 adalah memberikan kekebalan pada tubuh,”, ungkap Wiwid.

Lebih lanjut juga dijelaskan bahwa ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari vaksin Covid-19 ini. “Manfaat vaksin Covid-19 yang pertama adalah menciptakan respon antibodi untuk sistem kekebalan tubuh. Saat disuntik vaksin, sel B akan menempel pada permukaan virus Corona yang sudah dimatikan dan mencari fragmen yang cocok. Sel T membantu mencocokkan fragmen dengan sel B. Jika ada yang cocok, sel B akan berkembang biak dan menghasilkan antibodi untuk kekebalan tubuh,” terangnya.

“Manfaat vaksin Covid-19 lainnya adalah mencegah virus masuk ke dalam tubuh. Suntikan vaksin akan merangsang sel tubuh manusia, terutama sel B yang memproduksi imunoglobulin. Akibatnya, tubuh individu akan kebal pada SARS-CoV-2. Manfaat vaksin Covid-19 berikutnya adalah menghentikan virus menyebar ke seluruh tubuh,” lanjut Wiwid.

Selain itu Wiwid juga menjelaskan Vaksin akan merangsang imun tubuh yang dihasilkan oleh sel B dan menghentikan virus Covid-19 masuk ke dalam tubuh.

“Jika kita menerima vaksin, otomatis tubuh akan terlindungi dari serangan virus Covid-19, hal ini menjadi manfaat yang membantu mengurangi penyebaran Corona untuk melindungi orang-orang di sekitar,” pungkas Wiwid. (tjm/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *