Kulon Progo (MAN1KP) – Munaqasyah Al-Qur’an merupakan kegiatan ujian sebagai penanda selesainya hafalan Al-Qur’an peserta didik. Di MAN 1 Kulon Progo, munaqasyah Al-Qur’an dapat diikuti oleh siswa/siswi kelas XII yang telah menyelesaikan hafalan minimal 1 Juz. Pada tahun ini Munaqasyah dilaksanakan pada Selasa–Rabu (6-7/4/2021) di Ruang AVA MAN 1 Kulon Progo. Tercatat 6 siswa mengikuti munaqasyah secara offline dan 3 siswa secara online melalui aplikasi Zoom.

Adapun penguji dalam kegiatan ini adalah guru tahfidz MAN 1 Kulon Progo. Ujian di hari pertama diikuti oleh siswa/siswi kelas XII yang telah menyelesaikan hafalan 1 sampai 2 Juz Al-Qur’an dengan penguji, Hj. Umi Syarifah, S.Ag., H. Mustafid Enukhad, S.Ag., M.Si., Suratono, S.Pd.I., Muhammad Nur Habibi, S.Pd., dan Ibnu Heri Cahyono, S.Ag.

Sedangkan, di hari kedua ujian diikuti oleh siswa/siswi yang telah menyelesaikan hafalan 3 sampai 11 Juz Al-Qur’an dengan penguji Aisyah Nur Amalia, S.Pd, M.A., Cahyono, S.Pd., dan Nur Wijayanti, S.Hum., M.Pd.

Koordinator penguji tahfidz sekaligus Ketua Panitia kegiatan Munaqasyah Al-Qur’an, H. Akh. Khudlori, S.Ag., M.Pd.I menyampaikan harapannya agar siswa/siswi dapat menjaga hafalan yang telah dicapainya. “Ujian ini sebagai pembuka, sebuah langkah awal agar kalian bisa menjaga hafalan dan memotivasi teman-teman lain,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala MAN 1 Kulon Progo, H. Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M.Pd. menyambut baik kegiatan ini. Pada pembukaan, Edi menyampaikan pentingnya diadakan Munaqasyah tersebut, “Anak-anakku sekalian, tahfidz ini merupakan program mandatori dari Kanwil. Maka dari itu, untuk melihat kualitas hafalan memang perlu sekali diadakan ujian,” ungkapnya. (mel/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *