Kulon Progo (MAN2KP) – Kilau GEMILANG hadir di MAN 2 Kulon Progo seiring dengan pengumuman pemenang lomba yang diselenggarakan secara live melalui kanal zoom dan youtube, Senin (12/4/2021). GEMILANG  adalah Gebyar Milad dan Jelang Ramadhan yang diselenggarakan MAN 2 Kulon Progo dalam rangka Hari Lahir Madrasah, sekaligus menyambut hadirnya bulan suci Ramadhan. Kegiatan ini meliputi Lomba Dai, MTQ, Cover Lagu Islami, dan Tryout ASPD yang diperuntukan bagi siswa SMP/MTs. Perlombaan ini tidak hanya menarik peserta dari daerah sekitar namun juga dari daerah lain, seperti Jawa Tengah, Jakarta, dan Sumatera Utara.

Suksesnya event GEMILANG tidak menafikkan kerja keras panitia yang berasal dari OSIMADAKU (OSIS MAN 2 Kulon Progo) yang telah berjibaku di belakang layar. Panitia Gemilang secara mandiri melakukan perencanaan yakni membuat proposal, mencari sponsor, meminjam alat hingga akhir pelaksanaan. Kelancaran kegiatan tersebut tentu didampingi oleh Pembina OSIS, Waka Kesiswaan, serta bimbingan langsung Kepala Madrasah  dalam setiap koordinasi dan evaluasi kegiatan.

Dalam upaya bertahan hidup di era globalisasi, siswa tidak hanya dituntut menguasai akademik saja tetapi harus memiliki soft skill yang banyak dibutuhkan dalam bursa pekerjaan. Soft skill ini meliputi tanggung jawab, disiplin, mandiri, dan kreatif. Pada karakter tersebut banyak diperoleh dalam kegiatan di luar kelas, yakni kegiatan ekstrakulikuler, dan organisasi yang disediakan oleh madrasah. Event GEMILANG yang diadakan MAN 2 Kulon Progo merupakan sebuah wadah yang cocok bagi siswa yang berkecimpung di dalamnya untuk mengasah dan memupuk soft skill dalam lingkup yang lebih besar, yakni menjalin hubungan dengan orang di luar organisasi dan berhubungan dengan dunia professional kerja.

Kepala MAN 2 Kulon Progo, Hartiningsih, S.Pd. M.Pd. mengatakan bahwa kesuksesan GEMILANG tidak lepas dari team work yang solid. “Alhamdulillah GEMILANG telah berjalan lancar dan sukses, banyak sekolah SMP/MTs se-Indonesia yang berpastisipasi. Selain mengenalkan MANDAKU, kegiatan ini sangat penting bagi anak-anak siswa MANDAKU yang terlibat dalam kepanitian. Mereka belajar mengolah sebuah event besar yang berskala Nasional. Kegiatan ini akan membentuk karakter tanggung jawab, disiplin, mandiri, dan kreatif pada siswa. Siswa akan belajar bagaimana membagi waktu antara kegiatan belajar dan kegiatan GEMILANG, bagaimana mengemas sebuah acara agar ciamik sehingga mampu menarik banyak peserta. Dan yang paling penting bagaimana mereka belajar tentang kerja sama dalam sebuah team work yang solid, mampu mengesampingkan ego dan memaksakan kehendak,” papar Hartiningsih.

“Selamat untuk anak-anaku panitia GEMILANG, kerja keras kalian luar biasa. Kalianlah para juaranya. Jangan menyerah di tengah pandemi, tetap semangat dan terus berkarya. Tunjukkan eksistensi kalian dengan karya. Demi mewujudkan MANDAKU Unggul, Terampil, Islami, Berkelas Dunia,” harap Hartiningsih.

Ketua OSIS MAN 2 Kulon Progo, Sekar Ayu Gustiasih juga memberikan apresiasi bagi seluruh peserta  dan panitia yang telah ikut menyukseskan event GEMILANG. “Apresiasi setinggi-tingginya kami haturkan kepada peserta dan panitia, Pembina OSIS, Waka Kesiswaan dan Kepala Madrasah serta bapak/ibu guru yang terlibat dalam suksesnya event GEMILANG tahun ini,” kata Sekar.

Sementara itu siswa kelas XI MIPA 1, Hana Putri yang menjadi Ketua Panitia dalam event GEMILANG mengaku banyak belajar dari event tersebut. “Saya belajar banyak dari event ini. Belajar mengenai dunia luar, kerjasama, dan tidak egois dengan pendapat sendiri. Yang paling diingat adalah debat dengan sesama anggota OSIS. Alhamdulillah semua dapat diselesaikan. Acara juga berjalan lancar, tidak ada kendala selama pelaksanaan, semua dikerjakan bersama, sehingga tidak terasa sulit.  Semoga OSIMADAKU dan MANDAKU bisa lebih dikenal oleh  orang-orang di luar sana,” tuturnya. (rid/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *