Kulon Progo (MAN2KP) – GEMILANG (Gebyar Milad dan Jelang Ramadhan) telah sukses diselenggarakan. Kegiatan ini merupakan kompetisi yang diadakan oleh MAN 2 Kulon Progo dalam rangka Hari Lahir Madrasah sekaligus menyambut hadirnya bulan suci Ramadhan. GEMILANG diprakarsai oleh OSIS MAN 2 Kulon Progo baik dari segi kepanitiaan maupun pelaksanaan dengan didampingi oleh Pembina OSIS, Waka Kesiswaan, serta bimbingan langsung Kepala Madrasah.

Kompetisi yang diadakan dalam event GEMILANG meliputi lomba internal madrasah dan eksternal yakni lomba yang diperuntukkan bagi siswa SMP/MTs. Adapun lomba eksternal yang dilaksanakan adalah Lomba Da’i, MTQ, Cover Lagu Islami, dan Try Out ASPD bagi siswa SMP/MTs. Lomba ini memperebutkan Piala Kakanwil Kemenag DIY, Piala Kepala MAN 2 Kulon Progo, piagam penghargaan, sekaligus uang pembinaan.

Peserta lomba dalam acara GEMILANG ini tidak hanya diikuti oleh siswa SMP/MTs Kabupaten Kulon Progo, tetapi juga menarik peserta dari luar daerah, seperti Jakarta, Jawa Tengah, dan Sumatera Utara. Kejuaraan dalam kompetisi ini telah diumumkan secara live dari Aula Gedung Pembelajaran Terpadu MAN 2 Kulon Progo melalui kanal zoom dan youtube, Senin (12/4/2021) pagi. Adapun pemenang dalam event GEMILANG, kebetulan merata dari seluruh wilayah yang mengikuti event ini.

Kepala MAN 2 Kulon Progo, Hartiningsih, S.Pd. M.Pd.  sangat bersyukur atas kelancaran acara GEMILANG. “Alhamdulillah Gemilang berjalan lancar, sukses, banyak sekolah baik SMP maupun MTs se-Indonesia yang berpastisipasi dengan mengikuti lomba-lomba yang di gelar dalam acara gemilang. Adanya acara ini, selain ajang kompetisi, juga sekaligus menjadi ajang mengenalkan MANDAKU sebagai madrasah plus keterampilan yang mencetak generasi bangsa yang berakhlak mulia, inovatif, terampil, berwawasan lingkungan, bebas korupsi dan bersih melayani,” tutur Hartiningsih.

Hartiningsih meambahkan bahwa meski perlombaan dilakukan secara online di masa pandemi. Hal tersebut tidak mengurangi kualitas penyelenggaraannya. “Dalam penilaian, semua dilaksanakan secara profesional. Juri sebelum melakukan penilaian, wajib melakukan pakta integritas, komitmen melakukan tugas dengan jujur, adil, transparan, dan dapat dipertanggungjawabkan. Hal ini sejalan dengan semangat MANDAKU dalam melaksanakan pembanguan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi, serta Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani,” imbuh Hartiningsih.

“Selamat untuk seluruh peserta, dan para juara. Acara ini akan rutin diselenggarakan tiap tahun dengan konsep yang berbeda. Untuk adik-adik SMP/MTs yang belum meraih juara jangan khawatir, kita tunggu peran sertanya lagi di tahun depan. Semoga pandemi bisa segera berakhir, sehingga acara GEMILANG bisa dilakukan dengan offline. Selamat Harlah MANDAKU, unggul, terampil, Islami, dan berkelas dunia. Siap kuliah, siap kerja, dan siap wirausaha,”pungkasnya. (rid/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *