Kulon Progo (MAN2KP) – Zakat fitrah adalah zakat diri yang wajib ditunaikan oleh setiap umat muslim yang berkemampuan, sesuai dengan syarat-syarat yang ditetapkan. Zakat fitrah dikeluarkan pada bulan Ramadhan. Tiap tahun di bulan Ramadhan MAN 2 Kulon Progo menyalurkan zakat fitrah ke warga sekitar madrasah yang kurang mampu, baik kampus 1 maupun kampus 2. Untuk Ramadhan tahun ini zakat fitrah disalurkan pada Jumat (7/5/2021).

Panitia penyalur zakat fitrah MAN 2 Kulon Progo, Dra. Siti Muslimah, M.Pd. menjelaskan bahwa zakat fitrah yang disalurkan berasal dari guru, pegawai, dan siswa. “Zakat fitrah terkumpul 166 paket. Tiap paket terdiri 6 kilogram beras. Zakat disalurkan ke siswa yang tidak mampu 80 paket, GTT/PTT 23 paket, masyarakat sekitar 63 paket, dan 25 kg  untuk rumah Tahfidz Kempong Kalibawang yang diasuh oleh alumni MAN 2 Kulon Progo,” jelas Siti Muslimah.

“Penyaluran zakat fitrah ini merupakan bentuk praktik langsung pembelajaran fiqih, karena siswa terlibat langsung sebagai Amil zakat. Mereka mengumpulkan, menimbang, dan membagi beras. Selain itu penyaluran zakat fitrah juga sebagai bentuk solidaritas, simpati kita terhadap orang lain di masa pandemi dan pengamalan lima sila dari Pancasila,” imbuhnya. (est/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *