Kulon Progo (MTsN4KP) – Serangkaian kegiatan pesantren Ramadhan 1442 Hijriyah di MTsN 4 Kulon Progo diakhiri dengan kegiatan membayar zakat fitrah bagi guru, pegawai, dan siswa. Setelah itu, zakat fitrah akan ditasyarufkan kepada yang membutuhkan. Jum’at (7/5/2021) sejumlah siswa yang memang berhak, dijadwalkan menerima langsung zakat tersebut di Ruang Pertemuan unit I.

Guru Fiqih, Siti Munafi’ah, S.Pd.I. menyampaikan bahwa warga madrasahnya telah melakukan pembayaran zakat fitrah. “Alhamdulillah warga madrasah telah membayar zakat fitrah. Panitia mengelola melakukan pentasyarufan untuk dua hari ke depan. Pentasyarufan zakat fitrah ini merupakan bentuk pendidikan bagi siswa MTsN 4 Kulon Progo dalam menjalankan rukun Islam selain shalat dan puasa Ramadhan. Zakat fitrah dimaknai sebagai kepedulian sosial kepada sesama,” jelas Siti.

Tidak hanya siswa saja yang akan menerima zakat fitrah ini, akan tetapi juga warga di sekitar madrasah dan juga masjid-masjid di wilayah Kapanewon Girimulyo yang memang membutuhkan. Pentasyarufan akan dilakukan Sabtu (8/5/2021). “Timbulnya kesadaran berjamaah di dalam lingkungan madrasah diharapkan menjadi suri tauladan yang baik dalam ibadah. Sehingga masyarakat dapat menilai sendiri, bagaimana kadar kualitas pendidikan yang diberikan kepada anak dalam rangka pembinaan iman, takwa, dan kecerdasan,” imbuhnya. (siw/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *