Kulon Progo (MAN2KP) – Muhimatul Ngaliyah siswa kelas X IPS 4  MAN 2 Kulon Progo bersama sembilan temannya dari beberapa sekolah berhasil meraih 3 Terbaik Gen Hijau dalam Festival Lingkungan ASTRA Ke-5. Mereka tergabung dalam Gen Hijau DPW (Dewan Perwakilan Wilayah) HPAI (Himpunan Penggiat Adiwiyata Indonesia) Kabupaten Kulon Progo. Acara puncak mereka ikuti secara bersama-sama di SMAN 1 Pengasih, Jum’at (18/6/2021).

Festival bertema Mimpi dan Aksi Nyata untuk Keberlanjutan Ekosistem Indonesia ini diselenggarakan oleh ASTRA dalam rangka memperingati Hari Lingkungan se-Dunia dan bentuk keseriusan ASTRA dalam mendukung Ekosistem Indonesia. Seluruh anggota Gen Hijau dan Pengurus DPW HPAI Kabupaten Kulon Progo mengikuti acara puncak yang ditayangkan secara virtual melalui kanal You Tube di link http://bit.ly/festivallingkunganastra5.

Menanggapi keterlibatan Muhimatul dalam festival tersebut, Kepala MAN 2 Kulon Progo, Hartinigsih, M.Pd. menyampaikan rasa syukurnya dan mengimbau kepada Ketua Adiwiyata agar memberikan apresiasi kepadanya. “Selamat kepada Muhimatul Ngaliyah atas partisipasinya dalam Festival Lingkungan ASTRA Ke-5 yang tergabung dalam Gen Hijau DPW HPAI  Kabupaten Kulon Progo. Semoga berkah dan kami menunggu implementasinya untuk madrasah kita,” ungkap Hartiningsih.

Sementara itu Ketua Adiwiyata MAN 2 Kulon Progo, Drs. Amir Ma’ruf, M.A., memaparkan bahwa kegiatan Adiwiyata di MAN 2 Kulon Progo di bawah Tim TAMANDAKU (Tim Adiwiyata MAN 2 Kulon Progo) telah banyak membawa manfaat. Apalagi sejak madrasahnya memperoleh predikat sebagai Madrasah Adiwiyata Nasional dan kini menuju Madrasah Adiwiyata Mandiri. Juara I Lomba Ecodiction Index 2020 di ajang nasional dengan penyelenggara IPB (Institut Pertanian Bogor), dan Kementerian Lingkungan Hidup pun pernah diraih.

“Kegiatan Adiwiyata di madrasah kami bertujuan untuk membentuk karakter siswa dalam mencintai lingkungan. Beberapa program yang dilaksanakan antara lain kegiatan penghijauan, kebersihan lingkungan, maupun pemanfaatan barang bekas menjadi lebih bermanfaat. Alhamdulillah, Wakil Ketua dari Tim TAMANDAKU, Muhimatul Ngaliyah,  bisa bersama-sama dengan beberapa siswa dari sekolah lain mewakili Kulon Progo dan menjadi 3 Terbaik Gen Hijau se-Indonesia,” tambah Amir.

Ditanya tentang raihan prestasi tersebut, Muhimatul merasa sangat bangga dan bersyukur. “Saya dari MAN 2 Kulon Progo bersama teman-teman dari sekolah lain, mewakili Kabupaten Kulon Progo mengucapkan rasa terima kasih yang mendalam kepada pengurus DPW HPAI Kabupaten Kulon Progo yang telah mendampingi dan membimbing  serta mengarahkan kami dalam mengerjakan tugas-tugas Gen Hijau, hingga mencapai final. Alhamdulillah, kami dapat mengharumkan nama Kulon Progo di tingkat nasional. Beberapa tugas yang harus kami selesaikan kemarin antara lain menghitung timbulan sampah, identifikasi sampah, dan membuat pohon literasi,” ungkap remaja yang tinggal di Pondok Pesantren An Nadwah Bendungan Wates Kulon Progo.

“Harapan saya, semoga semakin banyak generasi muda yang peduli dan cinta lingkungan. Semakin banyak lagi kegiatan bertemakan cinta lingkungan seperti ini. Rencana ke depan, semoga saya dapat mengamalkan ilmu yang telah saya peroleh dari mengikuti Gen Hijau ini dan dapat berperan aktif dalam menjaga kelestarian lingkungan,” pungkas Muhimatul. (ast/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

8 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *