Kulon Progo (Kankemenag) – Kepala Seksi Penyelenggaran Haji dan Umrah Kankemenag Kulon Progo, H. Saeful Hadi, S.Ag. M.Pd. mengikuti acara Reportase Haji 1442 H/ 2021 M secara virtual yang diselenggarakan oleh Direktorat Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama RI pada Ahad (18/7/2021) malam.

Hadir sebagai Narasumber Khoirizi H. Dasir, PLT Dirjen PHU, dan Dr. H. Endang Jumali yang saat ini sedang berada di Mina sebagai bagian dari Jemaah haji tahun 2021. Endang Jumali, Staf Teknis Kantor Urusan Haji KJRI Jeddah Arab Saudi melaporkan dari tenda Mina, sore hari waktu Saudi, bahwa Jemaah asal Indonesia yang mendapat kesempatan haji tahun ini berjumlah 350 dari 60 ribu seluruh Jemaah tahun 1442 H.

“Pelaksanaan haji tahun 2021 terkoordinir dengan sangat rapi. Pendaftaran dibuka bagi warga Saudi dan warga asing yang selama ini tinggal di Arab Saudi dengan seleksi yang ketat, Jemaah dibatasi untuk usia antara 18 – 65 tahun, tidak memiliki riwayat penyakit kronis dan sudah vaksin,” kata Endang.

Setiap Jemaah yang lolos seleksi membayar biaya dengan 3 pilihan, biaya paling rendah 14 ribu riyal untuk pelaksanaan haji selama 6 hari dengan fasilitas asuransi, layanan tenda di Arafah, Mina, katering, dan transportasi dari 4 titik kumpul, yaitu Thaif, nawahiyah, Jeddah dan hamra. Sementara biaya dari rumah ke titik kumpul ditanggung oleh masing-masing Jemaah. Ibadah haji dilaksanakan dengan cara ifrad dan tanpa umrah, kecuali bagi penduduk luar Makkah, mereka hanya diberi kesempatan untuk thawaf qudum,” imbuhnya.

“Setelah ibadah haji dilaksanakan, semua Jemaah kembali ke rumah masing-masing tanpa ada paket ke Madinah. Semua pelaksanaan terkoordinir dengan rapi dan dipandu oleh petugas dari mu’assasah. Apabila ada yang menggunakan identitas palsu, maka akan didenda minimal 10 ribu riyal sampai paling tinggi dia akan dideportasi, dan selama 10 tahun tidak boleh kembali datang ke Arab Saudi,”pungkasnya.

Kepala Bidang PHU Kanwil Kemenag DIY, H. Ahmad Fauzi, S.H. berharap adanya kegiatan koordinasi & reportase info haji 2021 dengan nara sumber resmi staf teknis Kantor Urusan Haji KJRI (Konsulat Jenderal RI) di Saudi Arabia, akan menambah wawasan kita terhadap pelaksanaan ibadah haji di masa pandemi Covid-19. “Hal ini juga sebagai pembelajaran kesiapan kita untuk pelaksanaan di tahun-tahun mendatang,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Kasi PHU Kankemenag Kulon Progo, H. Saeful Hadi, S.Ag. M.Pd.I. berharap pelaksanaan haji tersebut bisa menjadi role model pada tahun-tahun berikutnya. “Semoga pelaksanaan haji tahun ini menjadi role model untuk tahun yang akan datang,” ucap Saeful.  (ahm/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *