Kulon Progo (MIMUHGA) – MI Muhammadiyah Garongan (MIMUHGA) lakukan pengimbasan pelatihan Microsoft Office 365 bersama Moral Technologi School (MT School). Pelatihan ini dilakukan serempak oleh 10 sekolah/madrasah penerima manfaat pendampingan MT School secara daring (WA Group) dan Luring pada Rabu-Kamis (28-29/7/2021) bertempat di sekolah/madrasah masing-masing.

Pengimbasan Microsoft Office 365 diikuti oleh kepala sekolah dan guru 10 sekolah/madrasah penerima manfaat MT School dari Dinas Dikpora Kulon Progo bekerjasama dengan Kankemenag, BAZNAS sebagai donator, serta Dompet Dhuafa Pendidikan sebagai penjamin mutu program.

Kegiatan ini dimoderatori oleh Wahyu Widiyawati, S.Pd. dan mengundang Dian Putera Karana, S.Pd M.Pd (Kepala Sub Bagian Perencanaan Dikpora Kulon Progo), Ary Mukhlis, M.Pd. dan Ibnu Aji Setyawan, S.Pd (Senior Trainer 365). Kegiatan juga didampingi oleh Konsultan MT School yaitu Irfa Ramadhani M.B.A. dan Putri Ria Utami, S.KPm (daring) dengan Trainer Office 365 lapangan Galuh Ika Ningrum, S.Pd dan Rizti Sholichah, S.Pd (Guru Alumni Peserta Pelatihan Microsoft Office 365 Mt School Parsial) serta didampingi Siti Nurhayati S.Ag. MSI (Kepala Madrasah).

Kepala MIMUHGA, Siti Nurhayati mengaku senang dengan terlaksananya kegiatan tersebut. “Sangat senang dengan adanya pengimbasan Pelatihan Microsoft Office 365, sebelumnya beberapa guru MIMUHGA sudah mencoba pembelajaran melalui WA Group, Video Call, Google Meet, Zoom, dan Google Form yang memang membantu dalam penyampaian materi di masa PJJ. Adanya pengimbasan Pelatihan Microsoft Office 365, kami akan semakin mengembangkan pemanfaatan IT sebagai media pembelajaran,” ungkap Siti.

Sementara Wahyu Widayati merasa yakin pengimbasan tersebut bisa dilakukan secara mandiri. “Meskipun dalam situasi PPKM, pengimbasan Pelatihan Microsoft Office 365 tetap bisa dilakukan mandiri di sekolah/madrasah masing-masing melalui koordinasi WA Group. Semoga budaya Learning Community seperti ini bisa rutin dilakukan pada setiap sekolah/madrasah. Kita yakin pasti bisa terus berlanjut berbagi ilmu guna memajukan sekolah bersama-sama,” ujarnya.

Sedangkan Trainer MI Muhammadiyah Garongan, Ika dan Rizti mengevaluasi kegiatan sebagai laporan kepada MT School. “Pelatihan hari pertama diantaranya; kami telah melakukan cara login office, menjelaskan icon, membuat kelas, menambahkan guru/siswa, mengelola kelas, menambahkan aplikasi lain, membuat materi dan tugas, serta membuat teams. Pelatihan hari kedua diantaranya; kami telah membuat form, quiz, membagikan form, mengenal One Drive, mengenal menu toolbar One Drive, membuat file baru One Drive, Upload file dari perangkat, kolaborasi data, menyusun Sway, memilih tampilan sway, dan membuat contoh materi pembelajaran menarik dengan Sway,” tutur mereka.

Kemudian peserta praktik Microsoft Teams untuk menerima penjelasan redeem code oleh Ary Mukhlis, M.Pd dan Ibnu Aji Setyawan, S.Pd.

“Saya sangat tertarik dengan Pengimbasan Pelatihan Microsoft Office 365, selain menambah wawasan dan banyak sekali fasilitas di dalamnya yang bisa dimanfaatkan untuk mempermudah belajar siswa secara daring,” ungkap Romi Astansi,M.S.I, salah satu peserta.(ika/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *