Kulon Progo (MAN2KP) – Ala bisa karena biasa, pepatah ini mengatakan bahwa hal yang selalu kita lakukan akan menjadi sebuah kemampuan lebih dalam bertindak. Sama halnya dengan beretorika. Komunikasi sangat dibutuhkan dalam hal apapun. Semua butuh komunikasi, salah satunya berpidato. Dari pidato, kemerdekaan dikumandangkan. Dari pidato pula, tausiyah-tausiyah agama tersampaikan baik di majelis-majelis kemasyarakatan. Itulah mengapa, kemampuan berpidato layak dinobatkan menjadi kemampuan yang wajib dimiliki oleh generasi milenial di abad 21 ini.

Hal ini pula yang diusahakan prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta yang menggelar Lomba Pidato Virtual (20/6-27/7/2021). Adalah Hana Putri Ramadani, kelas XII MAN 2 Kulon Progo ini berhasil menyabet juara III pada lomba berskala nasional tersebut. Remaja ini antusias sekali saat selebaran pamflet lomba terunggah di Instagram. Sejak itulah, Hana, begitulah nama panggilannya, sangat giat berlatih. Dimulai dari mencari bahan pidato dari berbagai artikel, membuat naskah pidato, revisi berkali-kali dari guru pembimbing, hingga berlatih gerak dan ekspresi lewat virtual, ia jalani. Alhasil, saat pengumuman, rasa syukur dan terima kasih ia sampaikan kepada guru-guru pembimbing serta teman-teman yang telah mendukung semangatnya itu.

Lomba pidato dilaksanakan dengan metode virtual, di mana peserta wajib mengunggah video pidato di youtube. Link kemudian diserahkan kepada panitia lomba beserta biodata secara online. Lomba yang diperuntukkan bagi seluruh siswa SMA dan sederajat ini mengambil tema Utamakan Bahasa Indonesia, Kuasai Bahasa Asing, Lestarikan Bahasa Daerah.

“Era pandemi bukan menjadi penghalang untuk meraih prestasi. Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia menyelenggarakan ajang perlombaan ini sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan berbicara berbahasa Indonesia yang baik. Peraih juara juga berhak mendapatkan hadiah uang tunai, e-sertifikat, tiket masuk Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia UAD tanpa tes dengan menunjukkan sertifikat kemenangan,” ungkap Kaprodi PBSI UAD, Roni Sulistiyono, M.Pd. (mar/ast/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *