Kulon Progo (Kankemenag) – Kankemenag Kulon Progo menginisiasi Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemulasaraan Jenazah. Kegiatan ini bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kulon Progo, Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM), dan Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU). Kepala Kankemenag Kulon Progo, H.M. Wahib Jamil, S.Ag. M.Pd. saat memberikan sambutan dalam kegiatan Bimtek tersebut yang berlangsung di KUA Nanggulan (4/8/2021) pagi.

“Kami menginisiasi kegiatan ini dan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan, PDM, dan PCNU. Hal ini sebagai wujud respon cepat terhadap perkembangan kasus meninggal karena Covid-19 dan edukasi kepada masyarakat dalam Pemulasaraan Jenazah Covid-19 tersebut,” ujarnya.

“Setelah kegiatan ini berakhir diharapkan peserta Bimtek bisa dan bersedia menjadi tim relawan dan akan ditempatkan pada masing-masing wilayah yang di tunjuk. Contoh: untuk wilayah utara di Rumah Sakit Boro dan RSU PKU Muhammadiyah Nanggulan, Tengah di RSUD Wates dan Nyi Ageng Serang, serta selatan di RS Pura Raharja,” imbuh Kakan.

Wahib Jamil juga mengimbau terkait adanya penerapan PPKM Darurat, Level 4, hingga perpanjangan, untuk dilaksanakan baik itu ditempat hajatan, tempat ibadah, dan tempat-tempat lain. “Itu semua untuk melindungi masyarakat dan tokoh agama atau tokoh masyarakat agar terhindar dari wabah Covid-19 tersebut,” pungkasnya.

Kegiatan Bimtek tersebut diikuti oleh para Rois dan berlangsung dalam 7 periode. Senin (26/7/2021) di KUA Panjatan dengan peserta dari Wates dan Panjatan. Selasa (27/7/2021) di KUA Sentolo dengan peserta dari Sentolo dan Pengasih. Rabu (28/7/2021) di KUA Galur dengan peserta dari Galur dan Lendah. Kamis (29/7/2021) di Pendopo Kapanewon Kokap dengan peserta dari Temon dan Kokap.

Selanjutnya, Senin (2/8/2021) di KUA Samigaluh. Selasa (3/8/2021) di KUA Kalibawang. Sedang hari terakhir, Rabu (4/8/2021) di KUA Nanggulan dengan peserta dari Nanggulan dan Girimulyo. (abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *