Kulon Progo (Kankemenag) – Sebagai salah satu wujud pelestarian alam serta melestarikan lingkungan dan keselarasan alam semesta, hubungan manusia dengan Tuhan Yang Maha Kuasa, sepasang pengantin di KUA Kapanewon Wates melakukan sedekah berupa penebaran ikan di bantaran sungai. Hal ini dilaksanakan secara sukarela, Kankemenag melalui KUA sebatas memberikan informasi kepada calon pengantin sebelum dilakukan akad nikah dengan harapan untuk senantiasa mencintai lingkungan alam sekitar. Hal ini disampaikan Kepala Kankemenag Kabupaten Kulon Progo H.M.Wahib Jamil, S.Ag. M.Pd. disaat menyaksikan tebar benih ikan di bantaran sungai samping RSUD Wates, Rabu (18/8/2021) siang.

“Sedekah tebar benih ikan ini sifatnya sukarela. Kami hanya memberikan informasi sebelum pelaksanaan akad nikah. Harapan kami agar pasangan pengantin semakin peduli dengan alam sekitar,” ungkapnya.

“Selain itu sedekah tebar benih ikan tersebut tidak merupakan suatu syarat kewajiban ataupun keharusan bagi para calon pengantin yang akan mendaftar nikah di Kantor Urusan Agama (KUA) setempat karena sifatnya himbauan berupa sedekah dan tidak memaksakan kehendak,” imbuh Kakan.

Hal senada juga ditegaskan oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kulon Progo, Ir. Sudarna, MA bahwa penyelenggaran tebar benih ikan ini sebagai tindak lanjut dari penandatanganan MoU antara Pemkab Kulon Progo dengan Kementerian Agama setempat perihal Jogo Kaliku Sipatin (Jaga Komitmen warga Kulon Progo dalam Kelestarian Alam Lingkungan Ikan Kulon Progo dari Sedekah Ikan Pasangan Pengantin) pada Jum’at (13/8/2021) yang lalu.

Selanjutnya Sudarna menuturkan bahwa ikan yang di lepaskan juga harus sesuai dengan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah diantaranya tidak buas atau kanibal sehingga dapat menjaga kelestarian lingkungan seperti ikan tawas dan sebagainya.

Sementara itu menurut pasangan pengantin Eko Setiawan dan Sumiyati ketika diminta keterangannya menyatakan dukungan dan apresiasinya dengan progam tebar benih ikan tersebut karena hal tersebut menurutnya akan membawa manfaat dan kebaikan bagi lingkungan dan sebagai wujud langsung untuk mencintai lingkungan dan alam semesta. (dpj/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *