Kulon Progo  (MAN2KP) – Sebagai jantungnya madrasah, Perpustakaan MANDAKU tetap berdenyut, baik di unit 1 maupun unit 2 tetap memberi pelayanan secara maksimal. Di masa pandemi ini, pembelajaran melalui daring perlu dukungan ketersediaan buku teks pelajaran pada tiap mata pelajarannya. Untuk itu, perpustakaan tetap melayani peminjaman buku pelajaran dan buku umum maupun fiksi di masa pandemi ini. Kepala Perpustakaan MAN 2 Kulon Progo, Warsito, S.Pd. menyampaikan hal itu di perpustakaan madrasah setempat, tepat di Hari Kunjung Perpustakaan, Selasa (14/9/2021).

“Masa pandemi, pembelajaran daring perlu ketersediaan buku penunjang. Untuk itu perpustakaan tetap melayani peminjaman buku pelajaran, umum, maupun fiksi,” paparnya.

Lebih lanjut Warsito juga memaparkan bila buku pelajaran telah dibagikan pada bulan Juli lalu di awal tahun pelajaran. Untuk pelayanan selama pandemi, dilakukan penjadwalan dan pemberlakuan prokes yang ketat. Setiap harinya dibatasi 40 siswa yang bisa meminjam buku. Tak hanya itu, perpustakaan pun menyediakan tempat untuk kegiatan belajar siswa khususnya dalam persiapan KSN (Kompetisi Sains Nasional) di perpustakaan dan siswa yang saat PJJ kesulitan jaringan internet bisa belajar di perpustakaan memanfaatkan wifi yang tersedia.
“Kegiatan madrasah seperti rapat OSIS, transit panitia PTS/PAT online, maupun literasi pagi sebelum PJJ pun rutin berjalan. Usai berliterasi pagi, siswa lalu mengisi kegiatan pada jurnal literasi. Adapun buku untuk literasi bisa meminjam di perpustakaan atau siswa mencari di internet sebagai bahan bacaan. Selama pandemi, durasi peminjaman buku umum atau pun novel untuk literasi diperpanjang bahkan tidak dibatasi sesuai kondisi siswa,” tuturnya.

Perpustakaan MANDAKU dengan settingan yang menawan dan nyaman baik di kampus 1 maupun 2  juga dilengkapi dengan koleksi buku yang lebih lengkap, baik buku mapel maupun buku umum non-mapel. Hal ini untuk memenuhi kebutuhan buku yang pengadaannya pun berasal dari usulan siswa, guru, dan pegawai.
Pengembangan minat menulis bagi siswa, guru, dan pegawai rutin diselenggarakan Perpustakaan MANDAKU bekerja sama dengan penerbit untuk mencetak buku karya siswa, guru, dan pegawai baik  karya pribadi maupun buku-buku antologi.

Kepala Madrasah, Hartiningsih, M.Pd. menegaskan bahwa pada masa pandemi, siswa tidak bisa hadir ke madrasah dengan sistem pembelajaran berbasis online. “Sementara itu siswa tetap butuh buku-buku yang ada di perpustakaan untuk menambah referensi bacaan. Oleh karena itu Perpustakaan MANDAKU melakukan inovasi pelayanan online. Siswa bisa pinjam buku tanpa harus hadir ke madrasah. Sebelumnya siswa di beri link daftar buku yang akan dipinjam. Untuk pengirimannya perpustakan bekerjasama dengan kurir yang akan mengantarkan ke rumah siswa. Sehingga siswa tidak perlu datang ke madrasah dan menghindari adanya kontak langsung atau kerumunan. Melalui inovasi seperti ini, siswa tetap terlayani dengan baik,” jelasnya.  (ito/ast/abi).
Tetap sehat dan semangat
#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *