Kulon Progo (MTsN4KP) – Aprilia Puspitasari, siswa kelas delapan MTsN 4 Kulon Progo harumkan nama madrasah. Aprilia berprestasi dalam lomba Maca Cerkak 2021 yang diadakan oleh Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Kulon Progo. Malam penghargaan digelar Jumat (24/9/2021) di kantor dinas setempat.

Setelah melalui perjalanan panjang, dimulai dari latihan membaca, menjiwai teks, sampai dengan pembuatan video akhirnya April bisa meraih Juara 1 lomba Maca Cerkak SMP/MTs. “Berkat latihan dan juga doa dari teman-teman, para guru, dan terutama orang tua. Terima kasih kepada bapak ibu guru yang telah membimbing saya, dan juga tim perekam video,” ungkap April dengan penuh haru.

Ia menyadari bahwa peran guru pembimbing, Ismi Subekti, S.Pd. dan Ika Tri Wahyuni, S.Pd. serta para tim adalah hal yang penting dalam berproses.

Gadis belia yang mengaku kesulitan untuk mengungkapkan cita-citanya tersebut menyatakan bahwa ia akan memulai sejak mengikuti lomba Maca Cerkak ini. “Salah satu yang akan saya perjuangkan tentu melestarikan budaya sastra jawa. Saya tidak setuju bila remaja malu belajar cerkak. Bagaimanapun juga cerkak dapat memberikan banyak manfaat. Salah satunya bisa memberikan ilmu baru berupa cara membaca dan tahu bagaimana cara memerankan suatu peranan tertentu,” jelas April.

Ia pun menyayangkan banyak remaja sekarang yang lebih menyukai budaya kpop atau budaya barat yang populer.

April mengaku terkesan dengan acara penutupan dan penyerahan hadiah yang diselenggarakan semalam. “Sangat luar biasa. Di sana disajikan pertunjukan tarian daerah. Yang menarik dari acara semalam adalah di sana terdapat tarian yang ditampilkan dengan sangat luar biasa dan juga sudah mendapatkan berbagai penghargaan terbaik. Tarian Moleh Ngangguk salah satunya,” tutur April.

Ia pun berpesan kepada teman-temannya untuk tidak ragu mengembangkan diri dengan mengikuti kompetisi. Tidak masalah menang atau kalah. Baginya pengalaman palinglah utama. “Pembelajaran yang saya ambil dari lomba ini adalah, bagaimana cara menjiwai sebuah cerita di dalam teks. Dan saya bisa tahu bagaimana cara memerankan suatu drama,” imbuhnya. (siw/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

4 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *