Kulon Progo (MIN1KP) – Macapat merupakan tembang atau puisi tradisonal Jawa yang setiap baitnya mempunyai baris kalimat yang disebut gatra, dan setiap gatra mempunyai jumlah suku kata tertentu, dan bunyi sajak akhir yang disebut guru lagu. Guru dan siswa MIN 1 Kulon Progo berhasil meraih juara I dalam lomba macapat guru dan siswa Madrasah Ibtidaiyah se-Eks Tuti Selatan. Selain itu Kepala Madrasah juga berhasil meraih juara 2 dan guru yang lain meraih juara favorit dalam ajang lomba yang sama. Bertempat di MIN 1 Kulon Progo pengumuman kejuaraan lomba macapat tersebut dilaksanakan Sabtu (25/9/2021).

“Alhamdulillah terima kasih kepada guru dan siswa siswi yang telah berpartisipasi mengikuti lomba macapat ini,” ucap Ketua Panitia, Asrorudin,S.Pd.I.

Hadir dalam acara tersebut Kasi Pendidikan Madrasah Kankemenag Kabupaten Kulon Progo, Muhamad Dwi Putranto, S.Pd., Pengawas Madrasah Ibtidaiyah, Drs. Imam Aladin Nur, dan Juri lomba macapat Barakatussolihah, S.Ag. M.S.I.

Tercatat 19 siswa dan 15 guru mewakili madrasah masing-masing dalam lomba macapat tersebut. “Ada beberapa kriteria penilaian yang kami jadikan patokan dalam penjurian lomba macapat ini diantaranya yaitu titi laras (notasi), teknik, dasar suanten, dan unggah ungguh,” tutur Barokatussolihah selaku juri lomba macapat.

Secara terperinci pemenang lomba macapat kategori guru putri adalah Luluk Kholishoh, S.Pd., Juara 1 dari MIN 1 Kulon Progo, Binti Salamah,S.Pd.I dari MI Ma’arif Garongan sebagai juara II, Dewi Astuti, S.Pd.I dari MI Ibnu Mas’ud sebagai Juara III, Sri Wunarsih,S.Pd.I dari MI Ma’arif Sangon sebagai Juara harapan I dan Sumariyem, S.Pd.I. dari MI Ma’arif Kokap sebagai Juara harapan II.

Adapun untuk lomba macapat kategori guru putra, Juara I diraih oleh Kasinun, S.Pd.I. dari MI Ma’arif Kokap, Kasmad Rifangi, M.Pd.I dari MIN 1 Kulon Progo sebagai juara II, Suryono,S.Pd.I dari MI Muhammadiyah Serangrejo sebagai Juara III, Sukamto,S.Pd.I dari MI Ma’arif Garongan sebagai Juara harapan I, dan Nur Cholil,S.Pd.I. sebagai Juara harapan II dari MI Ma’arif Kokap. Untuk juara favorit diraih oleh Mujiati dari MIN 1 Kulon Progo.

Sementara itu untuk lomba macapat kategori siswa putri pemenangnya adalah Rihana Roselawati sebagai Juara I dari MIN 1 Kulon Progo, Siti Susilawati Marjuki dari MI Ma’arif Garongan sebagai Juara II, Nasya Amiro dari MI Ma’arif Kokap sebagai Juara III, Naswa Nurwitaningsih dari MI Muhammadiyah Serangrejo sebagai Juara harapan I dan Qonita Azizah dari MIN 1 Kulon Progo sebagai Juara harapan II. Untuk kategori siswa putra pemenang pertama diraih oleh Chairul Mustafa dari MI Ma’arif Garongan, Wildan Al Zulfikar dari MI Muhammadiyah Garongan sebagai Juara II, Ibnu Ridho Nugroho dari MI Muhammadiyah Serangrejo sebagai Juara III, Galang Cahya Priyanto dari MI Ma’arif Kokap sebagai Juara harapan I, dan Husna dari MI Ma’arif Sangon sebagai Juara harapan II.

Dalam sambutannya Kasi Pendidikan Madrasah Kankemenag Kulon Progo, Muhamad Dwi Putranto, S.Pd. mengatakan sebagai ASN harus lebih responsif terhadap informasi-informasi yang ada. “Jadilah orang yang solutif, mandatori, dan inovatif,” ucapnya.

Sementara itu Pengawas Madrasah Ibtidaiyah, Drs.Imam Aladin Nur dalam sambutannya memberikan motivasi kepada guru-guru madrasah. “Saya selalu mengatakan guru adalah sesuatu yang terbaik yang ada di atas bumi karena tugasnya adalah mendidik, melatih, mengajar, dan sebagainya,” ungkapnya. (cha/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *