Kulon Progo (Kankemenag) – Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) adalah organisasi kebajikan yang bersifat independen, berkisah Islam, dan berasaskan Pancasila. IPHI adalah wadah alumni haji seluruh Indonesia. Salah satu tujuannya untuk membentuk pribadi-pribadi yang tangguh, berintegritas, komitmen, menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan. Kepala Kankemenag Kulon Progo, H.M. Wahib Jamil, S.Ag. M.Pd. menyampaikan hal itu dalam Pembinaan IPHI yang berlangsung di Perguruan Sadewa, Wates, Sabtu (25/9/2021) pagi.

“IPHI membentuk pribadi yang tangguh, integritas, komitmen, menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan. Selain itu IPHI juga memelihara dan mengupayakan pelestarian haji mabrur guna berpartisipasi dalam pembangunan bangsa dan negara,” ungkapnya.

“IPHI adalah wadah alumni haji seluruh Indonesia yang berkedudukan di pusat, provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, desa, dan perwakilan luar negeri. IPHI lahir untuk meningkatkan kualitas keagamaan bagi jemaah haji. Orientasi kehidupan duniawi dan ukhrowi harus seimbang. IPHI juga berkomitmen kuat untuk ikut andil menjaga NKRI,” imbuh Kakan.

Lebih lanjut Wahib Jamil menyampaikan bahwa IPHI diperlukan karena banyaknya alumni haji. Sehingga diperlukan wadah yang tersebar di seluruh Indonesia. IPHI juga diperlukan untuk membangkitkan kesadaran historis para haji atau calon haji agar mampu berperan aktif dan strategis dalam kebangkitan agama, ekonomi, sosial, budaya, politik, pendidikan, kesehatan, dan lain-lain. ” IPHI juga menjadi wadah organisasi persaudaraan haji yang tersebar di berbagai daerah sebagai upaya memperbaiki kualitas ibadah haji,” terang Jamil.

Untuk itu IPHI mempunyai tugas melaksanakan penerimaan, bimbingan, penyuluhan, dan penerangan kepada jemaah haji, pra haji, dan pasca haji. “Bimbingan tersebut dimaksudkan berupa pemahaman terkait manasik, syarat, dan rukun haji,” pungkasnya.

Hadir dalam Pembinaan IPHI tersebut Kabag Kesra Setda, Heri Darmawan, Wakil Ketua IPHI, H. Nurudin, S.H. M.A. dan Ir. H. Triyono, Perwakilan IPHI Daerah, dan IPHI Cabang se-Kulon Progo. (abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *