Kulon Progo (MAN1KP) – Meski disibukkan dengan rutinitas keseharian, namun warga MAN 1 Kulon Progo (Mansaku) tetap meluangkan waktu guna menjaga pola hidup sehat. Kegiatan dilakukan dengan memanfaatkan waktu sesaat sebelum beraktivitas untuk melakukan senam bersama. Senam bersama ini dipandu langsung oleh Vera Veronica, S.Pd. yang merupakan Guru Olahraga MAN 1 Kulon Progo sekaligus sebagai Duta PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat) MAN 1 Kulon Progo di halaman madrasah setempat, Jum’at (24/9/2021) pagi.

Vera Veronica menuturkan, senam bersama tersebut rutin digelar setiap Jum’at. “Senam ini rutin kita lakukan setiap Jum’at pagi. Hal ini berdasarkan salah satu program Duta PHBS yang sebenarnya juga sudah dilakukan sejak sebelum pandemi, sebelum ada Duta PHBS,” tuturnya.

“Senam sehat menjadi suplai kesegaran di tengah rutinitas tugas yang kadang menguras tenaga dan pikiran. Kita gunakan dresscode dengan warna senada agar kompak juga makin segar dipandang dan khusus instruktur senam boleh beda karena agar lebih terlihat sebagai contoh yang memberi gerakan di depan,” tambah Vera.

Lebih lanjut, Vera, sebagai pencetus program senam sehat, berharap seluruh warga madrasah mendapat manfaat dari program tersebut. “Di tengah pandemi Covid-19 ini, senam sehat tetap berjalan tentu saja dengan protokol kesehatan yg disesuaikan. Tujuannya agar warga madrasah menjadi lebih sehat, bugar, dan bahagia. Dengan demikian sistem imun bisa meningkat dan terhindar dari Covid-19,” lanjutnya.

Setelah dilantik menjadi duta PHBS pada Selasa (31/8/2021) lalu, Vera Veronica menetapkan senam Jum’at sehat menjadi program unggulannya yaitu BERSEMANGAT (Berolahraga Senam Mansaku Sehat), dengan merekayasa gerakan senam menjadi lebih ceria, bahkan dengan kombinasi tepuk dan sorak.

Sementara itu, secara terpisah Kepala MAN 1 Kulon Progo, H. Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M.Pd. mengapresiasi kegiatan tersebut. “Ini menjadi momentum bagi warga madrasah guna membudayakan pola hidup sehat. Sebab ini merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup,” tuturnya. (ida/vnc/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *