Kulon Progo (MAN2KP) – Jumat, (17/9/2021) merupakan hari istimewa bagi keluarga besar MAN 2 Kulon Progo. Pasalnya pagi itu diadakan berbagai kegiatan di MAN 2 Kulon Progo dengan tajuk Jumpadaku (Jumat Pagi di MANDAKU). Direncanakan Jumpadaku akan dilaksanakan setiap dua minggu sekali dengan berbagai variasi kegiatan. Untuk Jumpadaku kali ini difokuskan di MAN 2 Kulon Progo Unit 1 dengan berbagai macam kegiatan seperti apel pagi penghormatan bendera, kerja bakti bersama, dan sedekah Jumat berbagi makan siang untuk Jemaah salat Jumat.

Kegiatan yang pertama apel pagi penghormatan bendera merah putih yang dilaksanakan berdasarkan Instruksi Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2021 tentang Penghormatan Bendera Merah Putih dan Doa. Upacara penghormatan bendera dan doa bersama ini dilaksanakan sebagai upaya menguatkan rasa nasionalisme dan meneguhkan wawasan kebangsaan.

Acara dilanjutkan kerja bakti bersama guru, pegawai, dan perwakilan siswa MAN 2 Kulon Progo. Setiap kelas mewakilkan dua siswanya untuk ikut melaksanakan kerja bakti bersama guru dan pegawai.

Kepala Madrasah, Hartiningsih, M.Pd., turun lapangan langsung memimpin kerja bakti. Hal ini dilaksanakan dalam rangka persiapan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas dan ANBK tahun 2021. Antusias keluarga besar MAN 2 Kulon Progo dalam kegiatan ini sangat baik, banyak yang membawa peralatan kebersihan seperti kain lap, sapu, dan alat-alat kerja bakti lainnya. Dengan peralatan tersebut semua bergotong royong membersihkan seluruh ruang kelas, UKS, perpustakaan, kantor guru, laboratorium, green house, taman, dan halaman MAN 2 Kulon Progo Unit 1.

Tak ketinggalan, tim Adiwiyata juga turut serta dalam kegiatan ini dengan dibantu guru dalam penataan ulang taman. Ruang kelas dan UKS juga menjadi bersih setelah dibersihkan dan dipel. Halaman madrasah juga tidak kalah bersih setelah disapu sampah daun keringnya. Dengan semangat kebersamaan akhirnya seluruh target dapat dibersihkan hanya dalam waktu setengah hari. Guru, pegawai, dan siswa kemudian beristirahat dan makan siang bersama. Dilanjut salat Jumat bagi guru, pegawai, dan siswa laki-laki serta warga sekitar di masjid Mahasinul Muttaqien Unit 1. Jemaahpun mendapatkan tali kasih Sedekah Jumat berujud makan siang yang diterima dengan senang.

Hartiningsih menyatakan bahwa kegiatan kerja bakti ini dilaksanakan dalam rangka persiapan dilaksanakannya PTM terbatas dan juga ANBK. “Diharapkan setelah kerja bakti, ruang kelas dan fasilitas lainnya menjadi bersih dan siap digunakan untuk mendukung kegiatan belajar mengajar yang efektif dengan tetap menerapkan protokol Kesehatan,” tutur Hartiningsih.

“Jumpadaku ini merupakan kegiatan yang baik untuk dilaksanakan, kerja bakti menciptakan semangat gotong royong di antara warga madrasah, dan juga menciptakan lingkungan belajar mengajar yang bersih serta rapi. Sehingga menjadikan susasana belajar yang efektif di masa pandemi. Selain itu adanya pemberian tali kasih dari MAN 2 Kulon Progo merupakan wujud rasa syukur kami atas berkah dari Allah SWT. Semoga pemberian tali kasih ini dapat mempererat tali silaturahmi MAN 2 Kulon Progo dengan warga sekitar dan dapat menjadi berkah dan manfaat bagi semuanya,” pungkas Hartiningsih. (end/ast/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *