Kulon Progo (MIMAKO) – Tembang Jawa macapat merupakan tembang yang harus dilestarikan. Karena anak-anak dijaman sekarang banyak yang tidak lagi mengenal tembang-tembang warisan nenek moyang. Oleh karena itu KKG MI Eks. Tuti Selatan yang merupakan binaan dari Pengawas Madrasah, Drs. Imam Aladin Nur mengadakan lomba macapat untuk guru dan siswa. Acara ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI yang ke-76. Waktu pelaksanaan lomba (15-31/8/2021).

Peserta lomba diikuti oleh perwakilan dari 12 Madrasah Ibtidaiyah Eks. Tuti Selatan masing-masing mengirimkan 1 orang guru perempuan , 1 guru laki-laki, 1 siswa perempuan, dan 1 siswa laki-laki. Adapun selaku dewan juri dalam lomba tersebut Pengawas Madrasah, Barokatussolihah, S.Ag, M.Si.

Menurut Pengawas Madrasah, Drs. Imam Aladin Nur dalam pengumuman hasil lomba di MIN 1 Kulon Progo, Sabtu (25/9/2021) mengatakan bahwa guru harus kreatif dan inovatif. “Guru sebagai pendidik yang bertugas mendidik, mengajar, dan melatih peserta didiknya harus kreatif dan inovatif,” katanya.

Dalam acara ini MI Ma’arif Kokap mengirimkan 2 guru dan 2 siswa, dari keempat peserta berhasil meraih kejuaraan yaitu Kasinun, S.Pd.I sebagai Juara 1 tembang macapat guru putra, Sumariyem, S.Pd.I. sebagai Juara harapan 2 tembang macapat guru putri, Galang Dwi Cahyo Priyanto sebagai Juara harapan 1 siswa putra, dan Neisya Amira Ainun Mahya sebagai Juara 3 siswa putri.

Kepala Madrasah, H. Asrorudin, S.Pd.I. berterimakasih dan mengucapkan selamat kepada peserta. “Dengan adanya kompetisi kita harus tetap semangat untuk adu kompetensi dalam rangka meningkatkan kualitas guru. Dengan kejuaraan ini harapannya bisa memotivasi kepada guru lainnya dan siswa untuk lebih semangat dalam berkreasi dan berinovasi,” ujarnya. (bnt/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

3 replies
  1. Marita
    Marita says:

    Alkhmdulillah ….tetap semangat bpk ibu guru dan anak² yg telah mewakili ,,,semoga selallu nguri² kabudayan Jawi ………….semangat 👍🏻👍🏻👍🏻👍🏻👍🏻👍🏻👍🏻👍🏻

    Balas

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *