Kulon Progo (MTsN5KP) – Siswa MTsN 5 Kulon Progo tak henti-hentinya menorehkan prestasi. Setelah sukses meraih Juara 2 bidang Matematika pada Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Provinsi DIY, kali ini tak tanggung-tanggung 2 siswa sekaligus berhasil meraih Juara 1 dan 3 pada Kompetisi Bahasa Arab Nasional (KOMBANAS) tingkat Provinsi DIY. Sungguh pencapaian yang sangat membanggakan dan patut disyukuri.

Kepala Madrasah MTsN 5 Kulon Progo, Asnah Al Amien, S.Ag., M.S.I. menyampaikan hal itu saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (27/9/2021).

“Saya sangat bersyukur, senang, sekaligus bangga atas prestasi yang ditorehkan anak-anak kita. Setelah kemarin meraih Juara 2 pada KSM provinsi, kali ini 2 siswa kita berhasil meraih Juara 1 dan 3 pada KOMBANAS, juga di tingkat Provinsi DIY. Sungguh prestasi yang luar biasa. Dengan ini, saya berharap seluruh siswa terlecut motivasinya untuk turut berprestasi seperti teman-temannya. Semoga madrasah, khususnya MTsN 5 Kulon Progo dapat terus menorehkan prestasi di masa mendatang,” harap Asnah.

Sementara itu, Guru Pendamping dan Pembimbing lomba, Dwi Tri Astuti, S.Pd. mengatakan bahwa awalnya tidak menyangka siswanya bisa meraih Juara 1, apalagi ini setingkat provinsi yang persaingannya tentu lebih sulit. Akan tetapi berkat semangat dan usaha dari anak-anak yang luar biasa, prestasi membanggakan ini dapat diraih.

“Saya tidak menyangka anak-anak bisa meraih Juara 1 dan 3 sekaligus. Padahal sehari sebelum lomba anak-anak merasa pesimis karena saingannya se-DIY. Saya sebagai pendampingpun berpikiran bahwa saingannya kali ini jauh lebih berat karena setingkat provinsi. Akan tetapi saya sengaja tidak memberitahukan kepada anak-anak, madrasah mana saja yang menjadi saingan di tingkat provinsi ini agar mereka tetap percaya diri. Saya sampaikan ke mereka bahwa saya tidak memaksa harus menjadi juara, yang penting mereka sudah berusaha sebaik-baiknya dan berdoa untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Apapun hasil lombanya saya sangat bangga, karena mereka sudah mau bekerja keras,” ungkap Dwi.

“Selama pembimbingan lomba, saya banyak memberikan latihan soal kepada anak-anak. Dalam satu minggu saya berikan sekitar 250 soal. Setelah saya koreksi latihannya, ternyata hasilnya cukup memuaskan. Alhamdulillah, puji syukur berkat semangat dan kerja keras serta doa, mereka membuktikan bahwa kita mampu bersaing dengan madrasah yang ada di kota,” imbuhnya.

Adapun siswa yang meraih Juara 1 yaitu atas nama Elly Rahmawati, sedangkan yang meraih Juara 3 yaitu atas nama Alifah Khairun Nisa. Sebelumnya pada tingkat kabupaten, Elly Rahmawati menjadi Juara 1 dan Alifah Khairun Nisa menjadi Juara 2. Untuk selanjutnya, mereka berdua akan kembali maju berkompetisi di tingkat Nasional mewakili Provinsi DIY. Rencananya KOMBANAS tingkat nasional akan diadakan pada Sabtu (2/10/2021) mendatang. (mic/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

2 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *