Kulon Progo (MTsN1KP) – Selama 2 hari, Rabu-Kamis (6-7/10/2021) MTsN 1 Kulon Progo mengikuti ANBK (Asesmen Nasional Berbasis Komputer). Sebanyak 45 peserta inti dan 5 cadangan dari siswa siswi kelas VIII dapat hadir dan mengikuti asesmen tersebut. Karena masih di masa pandemi, maka untuk memperlancar dan tetap prokes semua peserta dibagi menjadi 2 ruang terdiri dari 2 sesi. Ketua Satgas Covid-19 MTsN 1 Kulon Progo, Nur Hadiyanta menyampaikan hal itu di sela-sela kegiatan ANBK madrasah setempat, Kamis (7/10/2021) pagi.

“Sebanyak 45 peserta inti dan 5 cadangan dapat hadir mengikuti ANBK ini. Semua berasalah dari kelas VIII. Peserta kami bagi dalam 2 ruang dengan 2 sesi untuk tetap menjaga protokol kesehatan di masa pandemi ini,” ujarnya.

Sementara itu Waka Kurikulum, Drs. Hudayawan Arif mengatakan bahwa penujukan peserta langsung dilakukan oleh Kemendikbudristek pusat. “Penunjukan peserta ANBK langsung dilakukan oleh pusat yaitu Kemendikbudristek. Jadi madrasah tidak dapat mengusulkan peserta sendiri. Materi pelajaran yang harus peserta kerjakan meliputi mata pelajaran literasi, numerasi, survei karakter dan survei lingkungan belajar,” tutur Hudayawan Arif.

Kepala Madrasah, Drs. Legiman menyampaikan bahwa ANBK tidak menentukan kelulusan siswa, tetapi ANBK merupakan program Pemerintah pengganti UNBK sebagai penilaian terhadap mutu sekolah/madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. “ANBK bertujuan untuk mengetahui gambaran karakteristik esensial sebuah sekolah/madrasah yang efektif dalam mengembangkan kompetensi dan karakter siswa. Maka dari itu selain siswa yang ikut asesmen nasional, guru bersama kepala madrasah sebanyak 26 orang juga melaksanakan penilaian asesmen ini selama empat hari, Senin-Kamis (4-7/10/2021) dengan materi survei lingkungan belajar,” ungkapnya.

Pelaksanaan ANBK di MTsN 1 Kulon Progo berjalan lancar dengan pengawas silang dari SMP Muhammadiyah 2 Wates yaitu Danen Kusmaji, S.Pd dan Utami Kuswarjanti, S.E. (res/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *