Kulon Progo (Kankemenag) – Kankemenag Kulon Progo menggelar rapat koordinasi Unit Pengumpul Zakat. Rakordasi digelar dalam upaya optimalisasi pengelolaan zakat. Rakordasi tersebut digelar di Aula Riptaloka kantor setempat, Kamis (7/10/2021) pagi.

Kepala Kankemenag Kulon Progo, H.M. Wahib Jamil, S.Ag. M.Pd. dalam sambutan pengarahannya meminta agar bersama-sama membangun image pengelolaan zakat. ” Mari kita membangun image pengelolaan zakat. Jangan hanya berpikir sektoral dan lokal (satu satker) saja, tetapi harus berpikir secara global. Tidak hanya untuk 8 asnaf saja, tetapi bisa memaksimalkan ZIS dengan pola auto debet. Dengan demikian akan lebih memaksimalkan dalam pengumpulan zakat,” ungkapnya.

“Untuk pengentasan masalah yang tidak bisa dilayani dengan dana ZIS, akan diupayakan dengan wakaf uang/tunai melalui program pojok wakaf uang digital,” imbuh Kakan.

“Dengan adanya koordinasi ini diharapkan nantinya pengelolaan UPZ di Kankemenag Kulon Progo dan satker-satker di bawahnya akan lebih optimal lagi,” pungkas Jamil.

Sementara itu Ketua Baznas Kulon Progo, Drs. H. Abd Madjid mengatakan bahwa optimalisasi ZIS saat ini cukup bagus. “Tidak hanya lingkup Kankemenag saja, tetapi juga di lingkup Pemkab Kulon Progo. Terbukti peningkatan jumlah pengumpulan ZIS. Salah satunya UPZ Dinas Dikpora menjadi pengumpul ZIS terbasar jumlahnya,” ujarnya.

“UPZ satker madrasah di mohon dalam pengelolaan ZIS bisa optimal dan tertib administrasinya,” pinta Madjid.

Sedangkan Penyelenggara Zakat Wakaf, Haris Widiyanto, S.H. menyebutkan bahwa dalam pengelolaan ZIS hendaknya seluruh UPZ di lingkungan Kankemenag Kulon Progo dapat mendasarkan pada regulasi yang ada. Masing-masing UPZ juga menyerahkan zakat sebesar 2,5% dari penghasilan profesi ke Baznas Kulon Progo. “Untuk ke depannya pengoptimalan ZIS di lingkungan Kankemenag Kulon Progo diagendakan sosialisasi regulasi terkait hal tersebut. Selain itu juga melalui pembinaan dan koordinasi kepada UPZ-UPZ di lingkungan Kankemenag Kulon Progo,” tuturnya. (obi/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *