Kulon Progo (MAN2KP) – Bertepatan dengan Hari Kesaktian Pancasila, keluarga besar MAN 2 Kulon Progo melaksanakan berbagai kegiatan, pada Jumat (1/10/2021) lalu. Diawali dengan keikutsertaan semua keluarga besar MAN 2 Kulon Progo dalam upacara virtual Hari Kesaktian Pancasila sebagai salah satu upaya untuk menghargai para leluhur yang telah berjuang mempertahankan Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia. Selanjutnya diadakan kegiatan Jumpadaku (Jumat Pagi di Mandaku) yang difokuskan di Unit 2 MAN 2 Kulon Progo berupa kerja bakti bersama dan pembagian tali kasih.

Kerja bakti diikuti seluruh guru, pegawai, dan anak-anak Adiwiyata Mandiri MAN 2 Kulon Progo dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Hal ini dilaksanakan dalam rangka persiapan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas dan program penghijauan dari Adiwiyata. Antusias keluarga besar MAN 2 Kulon Progo dalam kegiatan ini sangat baik, banyak yang membawa peralatan kebersihan dan banyak juga yang membawa berbagai jenis tanaman yang disumbangkan untuk menambah koleksi di taman MAN 2 Kulon Progo. Dengan peralatan kerja bakti yang telah dibawa, semua segera bergotong royong membersihkan dan menanam tanaman yang telah dibawa. Repotting tanaman-tanaman juga dilakukan dengan baik agar tidak ada lagi tanaman yang kering dan kekurangan nutrisi. Tanaman-tanaman tersebut kemudian disiram agar segar kembali.

Kepala Madrasah, Hartiningsih, S.Pd,. M.Pd. menyatakan bahwa kegiatan kerja bakti tersebut dilaksanakan dalam rangka persiapan dilaksanakannya PTM terbatas. “Diharapkan setelah kerja bakti, ruang kelas dan fasilitas lainnya menjadi bersih serta siap digunakan untuk mendukung kegiatan belajar mengajar yang efektif dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” ujarnya.

Dengan semangat kebersamaan MAN 2 Kulon Progo unit 2 dapat dibersihkan dan banyak tambahan tanaman baru di taman MAN 2 Kulon Progo. Guru, pegawai, dan siswa kemudian beristirahat dan makan siang bersama. Setelah itu, dilanjutkan melaksanakan shalat Jum’at di masjid MAN 2 Kulon Progo untuk laki-laki.

Drs. Amir Ma’ruf, MA. pembimbing Adiwiyata Mandiri MAN 2 Kulon Progo menyatakan bahwa kegiatan tersebut adalah salah satu program dari Tim Adiwiyata Mandiri untuk penghijauan dan menata taman agar terlihat lebih hijau, rapi, dan bersih. Amir juga mengungkapkan terima kasih kepada guru yang telah bergotong royong kerja bakti dan membawa berbagai tanaman yang tentu saja dapat menambah ragam tanaman yang telah ada.

Pada hari Jumat yang penuh berkah tersebut, juga dibagikan tali kasih kepada jamaah shalat Jum’at di masjid Al Muttaqien MAN 2 Kulon Progo. Tali kasih ini diwujudkan dalam bentuk pemberian makan siang kepada warga yang melaksanakan shalat Jum’at. Seluruh jamaah shalat Jum’at pun terlihat senang saat menerimanya.

“Kegiatan Jumpadaku rencananya akan rutin dilaksanakan setiap dua minggu sekali, mengingat banyaknya manfaat yang dapat diambil dari kegiatan tersebut antara lain menciptakan semangat gotong royong di antara warga madrasah dan juga membuat lingkungan belajar mengajar yang bersih serta rapi. Sehingga menjadikan susasana belajar yang efektif di masa pandemi. Selain itu adanya pemberian tali kasih dari MAN 2 Kulon Progo merupakan wujud rasa syukur keluarga MAN 2 Kulon Progo atas berkah dari Allah SWT. Semoga pemberian tali kasih ini dapat mempererat tali silaturahmi MAN 2 Kulon Progo dengan warga sekitar sehingga dapat menjadi berkah dan manfaat bagi semuanya. (end/ast/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *