Kulon Progo (MAN1KP) – Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) terus digalakkan pada masa pandemi Covid-19. PHBS diharapkan mampu mencegah penularan Covid-19 melalui menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan. Selain itu menjaga kebugaran tubuh dengan pola makan yang sehat dan bergizi serta berolahraga secara teratur akan meningkatkan daya tahan tubuh. Salah satu upaya tersebut yaitu melalui kegiatan ekstrakurikuler Karate. Duta PHBS sekaligus Guru Olahraga MAN 1 Kulon Progo (Mansaku) yang memiliki lisensi sebagai Pelatih Karate, Vera Veronica, S.Pd. menyampaikan hal itu saat menggelar kegiatan ekstrakurikuler, Senin (11/10/2021) sore di halaman madrasah setempat.

“Di masa pandemi seperti saat ini, menjaga kebugaran tubuh sangat diperlukan agar daya tahan tubuh tetap terjaga. Latihan karate rutin ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk menjaga kebugaran siswa Mansaku,” tuturnya.

“Sehingga setelah mulai melakukan uji coba PTM terbatas pada pekan lalu, maka ekstra Karate juga kami mulai. Tentunya dengan mematuhi protokol kesehatan. Siswa dalam kondisi sehat, dan memiliki sertifikat vaksin,” tambah Vera.

Lebih lanjut, Vera juga menyampaikan bahwa ekstrakurikuler tersebut merupakan salah satu program tim PHBS untuk menjaga kesehatan peserta didik MAN 1 Kulon Progo. “Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kebugaran jasmani dan menurunkan stress psikis karena kejenuhan selama mengikuti pembelajaran daring. Saya lihat antusias siswa dalam mengikuti kegiatan juga sangat besar,” pungkasnya.

Salah satu peserta, Fajar Puji Lestari, yang juga atlet Mansaku sabuk coklat, berharap bahwa kegiatan bisa segera normal kembali. “Semoga latihan yang sekarang baru bisa dilaksanakan 2 minggu sekali ini dapat segera berubah menjadi seminggu sekali. Bahkan semoga bisa menjadi 2 kali latihan dalam seminggu,” harapnya.

Sementara itu, secara terpisah Kepala MAN 1 Kulon Progo, H. Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M.Pd. mengapresiasi kegiatan tersebut. “Ini dapat menjadi kegiatan positif pemecah kejenuhan siswa yang selama ini sudah melaksanakan pembelajaran daring dari rumah serta dapat memperkuat imun siswa,” tuturnya. (vnc/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *