Kulon Progo (MTs Majang) – Pengawas Madrasah Kankemenag Kabupaten Kulon Progo, Barokatussolihah, S.Ag., M.SI., kembali melakukan supervisi kelengkapan perangkat Administrasi Guru di MTs Ma’arif Jangkaran (MTs Majang), Kamis (14/10/2021) pagi.

Kegiatan supervisi administrasi guru ini merupakan kegiatan yang rutin dilakukan setiap tahunnya di MTs Ma’arif Jangkaran. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatan kompetensi dan kinerja tenaga kependidikan di madrasah dalam melaksanakan tugas. Selain itu, di sela-sela kegiatan, Pengawas Madrasah yang akrab disapa Ika juga menyampaikan bahwa semester ini juga akan dilaksanakan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM).

“Setelah verifikasi administrasi guru ini, pada bulan November – Desember juga akan ada agenda Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM). Walaupun di situ juknisnya Kepala Madrasah yang dinilai, tetapi semua guru sebagai tim madrasah juga harus ikut serta dalam menyukseskan agenda ini,” ujarnya.

Supervisi administrasi guru tersebut diikuti oleh semua guru MTs Ma’arif Jangkaran. Sebelum dilakukan supervisi semua Guru MTs Majang sudah menyiapkan dokumen-dokumen perangkat pembelajaran jauh-jauh hari. Sehingga, ketika menghadap Pengawas Madrasah, semua guru MTs Majang sudah siap.

Adapun perangkat administrasi yang disupervisi meliputi Jadwal Pembelajaran, Silabus, RPP, Nilai Hasil Belajar, Daftar Hadir Siswa, dan Jurnal Kegiatan Harian. Satu persatu guru menghadap pengawas dengan menunjukkan dokumen administrasinya. Dengan penuh ketelitian, Pengawas Madrasah mencermati setiap perangkat pembelajaran yang dimiliki oleh masing-masing guru MTs Majang.

Pada kesempatan yang sama Kepala Madrasah, Saifulloh, S.Ag. menyampaikan rasa syukur dan terimakasih kepada pengawas madrasah yang telah berkenan hadir melakukan supervisi administrasi guru di MTs Majang. “Alhamdulillah supervisi administrasi berjalan dengan lancar. Saya ucapkan terimakasih kepada ibu Barokatussolihah, S.Ag., M.SI., selaku Pengawas Madrasah yang telah berkenan hadir menyempatkan waktunya untuk melakukan supervisi administrasi guru di MTs Majang,” tuturnya.

“Supervisi ini bukan untuk menilai dengan nominal angka, tetapi untuk mengukur kemampuan dan meningkatkan kinerja guru agar lebih baik lagi,” pungkasnya. (lin/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *