Yogyakarta (MI Al Falaah) – Kepala MI Al Falaah Muhammadiyah Kaliwiru menjadi peserta Forum Grup Discussion (FGD) Inpassing yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama RI Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah di Hotel Inside Yogyakarta pada Sabtu s.d Ahad (23-24/10/2021).

Kasi Guru Subdit Bina Guru Direktorat GTK, Mustofa Fahmi, S.Pd, M.Ed. selaku leading sector FGD menjelaskan bahwa kegiatan ini sengaja mengundang para guru non PNS yang sudah inpassing dan menerima TPG untuk diajak berdiskusi dalam rangka merumuskan naskah akademik. “Aspirasi dari pelaku utama (GBPNS) merupakan kebutuhan konkrit yang harus diakomodir. Naskah akademik ini akan kami bawa dalam kegiatan rakor GTK se-Indonesia sebagai bahan pertemuan hasil karya guru-guru DIY,” tutur Fahmi.

FGD dihadiri oleh Direktur GTK, Dr. Muhammad Zen, M.Ag. didampingi Kepala Bidang Pendidikan Madrasah H. Muntolib, S.Ag, MSI, Direktur memberikan arahan pentingnya para guru non PNS ikut serta memikirkan program kesejahteraan guru. Orang nomor satu di Direktorat GTK Kemenag RI ini juga menyampaikan keinginannya untuk terus menyejahterakan guru termasuk peningkatan kualitas dan kuantitas Pendidikan Profesi Guru (PPG).

Kepala MI Al Falaah Muhammadiyah Kaliwiru, Yeni Muharomah mengaku bersyukur bisa mengikuti FGD tersebut. “Syukur Alhamdulillah telah terjaring dalam forum ini. Bahagia tak terhingga dirjen GTK telah memperhatikan dan memikirkan nasip GBPNS yang berada dilingkup Kementerian Agama. Dalam forum ini menginisiasi usulan program ketimpangan antara GBPNS di bawah Kementerian Agama dengan instansi lain, dan antara lembaga pendidikan yang didirikan pemerintah dengan lembaga masyarakat (negeri dan swasta). “Usulan konkrit program khusus GBPNS antara lain: meningkatkan profesionalisme melalui kesempatan PAK, penambahan kuota sertifikasi dan inpassing, dasar penjaringan calon guru non ASN, hak-hak guru, hingga kesempatan diangkat menjadi ASN/PPPK tidak hanya di madrasah negeri tetapi juga di madrasah swasta,” tutur Yeni. (ymr/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *