Kulon Progo (MTsN5KP) – Setiap anggota perpustakaan atau pemustaka sepatutnya mengetahui dan memahami aturan yang ada. Termasuk tentang administrasi perpustakaan. Terlebih lagi bagi kepala dan petugas, mestinya sudah paham tentang seluk-beluk perpustakaan. Kepala MTsN 5 Kulon Progo, Asnah Al Amien, S.Ag., M.S.I. mengutarakan hal itu saat memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan pelatihan administrasi perpustakaan yang bertempat di Lab. IPA madrasah setempat, Sabtu (23/10/2021).

“Kita semua sebagai anggota perpustakaan mestinya mengetahui dan memahami tentang segala aturan pada perpustakaan, termasuk yang kaitannya dengan administrasi. Kepala perpustakaan yang notabene lebih paham tentang hal itu diharapkan lebih gencar melakukan sosialisasi kepada anggota tentang aturan dan kebijakan yang ada. Sehingga perpustakaan dapat berjalan dengan lancar dan tertib,” harap Asnah.

“Demi meningkatkan kualitas perpustakaan, hari ini kita mengadakan kegiatan pelatihan administrasi. Semoga dengan adanya pelatihan ini, kita semakin semangat dan termotivasi untuk memajukan perpustakaan kita. Terlebih lagi, akhir-akhir ini di beberapa perpustakaan madrasah/sekolah dilaksanakan penilaian akreditasi. Oleh karena itu setelah mengikuti pelatihan ini paling tidak kita bisa mendapat gambaran tentang pelaksanaan akreditasi, jika suatu hari nanti perpustakaan kita mendapat jadwal akreditasi,” imbuhnya.

Narasumber dari kegiatan ini ialah Teguh Prasetyo Utomo yang saat ini menjabat sebagai pustakawan di Universitas Islam Indonesia. Teguh menyampaikan materi pelatihan dengan jelas, lengkap, dan terperinci, sehingga mudah dipahami oleh peserta pelatihan. Rencananya kegiatan ini tidak hanya sekali digelar, melainkan akan diadakan beberapa pertemuan berikutnya. Harapannya setelah kegiatan ini, Perpustakaan Baitul Hikmah MTsN 5 Kulon Progo bisa meningkatkan kualitasnya sesuai dengan standar yang ada. (mic/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

4 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *