Kulon Progo (MTsN5KP) – Peringati Hari Santri Nasional, MTsN 5 Kulon Progo gelar pengajian yang diikuti oleh guru, karyawan, dan 50% siswa. Peserta pengajian duduk tenang dengan menjaga jarak dan memakai masker. Kepada peserta ujian, Sarkowi, S.Pd.I. selaku pembicara menyampaikan tiga amalan yang dicintai Allah SWT dalam pengajian yang berlangsung pada Jumat (22/10/2021) di Masjid Jabal Thariq MTsN 5 Kulon Progo.

“Pada kesempatan ini, saya ingin menyampaikan beberapa amalan yang dicintai Allah SWT. Ada banyak sekali amalan yang dapat kita laksanakan. Hari ini akan saya sampaikan tiga amalan di antaranya, yakni thalabul ilmi, jihad fisabilillah, dan bekerja yang halal,” ujarnya.

“Yang pertama adalah thalabul ilmi, yaitu menuntut ilmu atau belajar. Karena orang yang berilmu akan dinaikkan derajatnya. Selain itu, Allah SWT akan memudahkan dalam menuju surga, seperti pada hadits nabi yakni barang siapa berjalan di satu jalan dalam rangka menuntut ilmu maka Allah mudahkan jalan menuju surga,“ imbuhnya.

“Sedangkan yang kedua adalah jihad fisabilillah. Jihad ini tidak selalu dimaknai sebagai perang. Karena amar ma’ruf nahi munkar, menahan godaan setan dan hawa nafsu juga termasuk jihad. Dan yang terakhir adalah bekerja, tentunya dengan cara yang halal. Hukum bekerja dalam Islam adalah wajib. Dan dalam sabda Nabi Muhammad SAW, siapa yang bersusah payah mencari nafkah untuk keluarganya maka ia serupa dengan mujahid di jalan Allah SWT. Semoga kita termasuk ke dalam hamba yang dicintai Allah SWT,” pungkasnya.
(mjp/abi).
Tetap sehat dan semangat
#LawanCovid-19

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *