Kulon Progo (KUA Girimulyo) – Kementerian Agama tengah menggaungkan moderasi beragama. Dalam moderasi ini diharapkan setiap umat beragama selalu menjaga sikap dan perilaku, serta menjalin kebersamaan. Sehingga dapat terhindar dari gesekan antar agama. Penyuluh Agama Islam Fungsional (PAIF) KUA Girimulyo, Akhiru Nurul Ummah menyampakan hal itu dalam Pembinaan Rois dan Prodiakon yang berlangsung di Balai Kalurahan Pendoworejo, Girimulyo, Kami (28/10/2021) pagi.

“Kita sebagai umat beragama harus saling menjaga sikap dan perilaku, serta senantiasa menjalin kerjasama. Sehingga diharapkan tidak terjadi gesekan antar umat beragama,” ujarnya.

“Dengan moderasi beragama diharapkan semua warga selalu berkomitmen kebangsaan  terhadap NKRI, membawa agama kepada cinta, kasih sayang, anti kekerasan, toleransi, dan tidak mempertentangkan agama dengan budaya dan tradisi,” imbuh Nurul.

Lebih lanjut Nurul menjelaskan bahwa diperlukan sinergitas yang baik dengan para tokoh agama, baik Islam, Kristen, Katholik, Hindu, dan Budha. “Dengan sinergitas itu diharapkan terjalin kerja sama pemeluk agama berkaitan dengan kegiatan kemasyarakatan maupun kegiatan keagamaan, dengan tetap menghormati keyakinan dan amaliyah pemeluk agama lain, serta terjalinnya kerukunan,” tegasnya.

Pendoworejo menurut Nurul merupakan kalurahan yang unik dan istimewa. Sehingga diharapkan kerukunan umat beragama ini tetap dirawat dan dijaga dengan baik. “Perbedaan agama merupakan karakter. Di situlah istimewa perbedaannya. Bukan perbedaan yang malah  di tonjolkan, akan tetapi persoalan yang ada bisa di sikapi dengan arif dan bijaksana. Semua agama mengajak dan mengajarkan kebaikan. Tujuannya sama, yaitu sama- sama mengajarkan nilai-nilai kemanusiaan dan saling tolong menolong,” pungkas Nurul.

Sementara itu Pj. Lurah Pendoworejo, Pardjo, S.Pd. mengatakan bahwa pertemuan Rois dan Prodiakon yang seharusnya di adakan setiap triwulan, sejak ada pandemi masih vakum dan baru bisa di laksanakan di akhir tahun ini. Diharapkan para tokoh agama dan tokoh masyarakat tetap melaksakan protokol kesehatan di setiap kegiatan, agar bisa sehat dan selamat.

Dalam kegiatan tersebut di hadiri Pj. Lurah Pendoworejo, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Rois Laki Laki (18 orang), Rois perempuan (18 orang), Prodiakon (2 orang), dan PAIF KUA Girimulyo. (rul/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.