Yogyakarta (KemenagKP) – Dalam acara FGD (Focus Group Discussion) yang diselenggarakan Kanwil Kementerian Agama DIY dengan tema Image Building Era Baru Kementerian Agama menghadirkan Narasumber Wibowo Prasetyo selaku  Staf Khusus Menag Bidang Komiunikasi Publik, Media, dan Teknologi Informasi. Acara digelar di Hotel Abadi Malioboro pada Rabu (3/11/2021) diikuti 60 peserta dari perwakilan satuan kerja dan unit kerja di lingkungan Kanwil Kemenag DIY.

Dalam paparannya Narasumber mengemukakan berbagai tantangan yang dihadapi kementerian dengan satuan kerja dan jumlah ASN relatif besar. Produk layanan yang bersentuhan langsung dengan kebutuhan publik (urusan pernikahan, penyelenggaraan ibadah haji, zakat dan wakaf, produk  halal, dan lain-lain), sehingga diperlukan adanya keterbukaan informasi publik terus menuju positif serta berkesinambungan. “Oleh karenanya kita semua dituntut dengan berbagai ragam tantangan yang mesti harus dihadapinya, antara lain adanya model komunikasi dan informasi publik yang masih tercerai berai (belum tertata baik), keterbatasan keterampilan (skill), dan penguasaan teknologi digital masih relatif minim. Selain itu masih rendahnya kesadaran terhadap perubahan layanan Kementerian Agama yang baru, sehingga untuk mewujudkan agar peningkatan kualitas layanan publik diperlukan kompetensi yang handal serta dapat menyesuaikan berbagai perubahan perkembangan jaman,” ungkapnya.

“Sebagai contoh kasus, ketika saat ini masih dalam situasi kondisi pandemi Covid-19, kita dituntut untuk memberikan layanan dengan sistem online, adanya aplikasi zoom meeting yang sebelumnya mungkin kita belum begitu familier, dan sebagainya,” imbuh Wibowo.

Selanjutnya acara berlangsung dengan antusias serta berakhir dengan sesi diskusi dan tanya jawab antara peserta dengan narasumber yang dipandu langsung oleh Kabag TU Kanwil Kemenag DIY, H. Arif Gunadi. Acara dihadiri oleh Kepala Kanwil Kemenag DIY, H. Masmin Afif, para pejabat Administrator Kanwil (Kabid dan Pembimas), serta jajaran Kepala Kankemenag kabupaten/kota. Selain itu hadir juga perwakilan dari kepala madrasah, arsiparis, dan pranata humas di lingkungan Kanwil Kemenag DIY. (dpj/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *