Kulon Progo (Kankemenag) – Tugas Kepegawaian itu sangat penting, karena mengurusi hajat hidup banyak orang. Maka peningkatan pelayanan publik harus terus ditingkatkan. Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag DIY, H. Arief Gunadi, S.Ag. M.Pd.I. menyampaikan hal itu saat menghadiri Forum Group Discussion (FGD) Kepegawaian yang berlangsung di Omah Cantrik, Turus, Tanjungharjo, Nanggulan, Kulon Progo, Rabu (10/11/2021).

“Tugas Kepegawaian itu sangat penting, karena mengurusi hajat hidup banyak orang. Baik itu terkait SK Kenaikan Pangkat, KGB, Pensiun, dan lain-lain. Karena pelayanan publik tersebut harus terus ditingkatkan semaksimal mungkin,” tegas Kabag.

“Namun demikian dalam pemberian layanan publik tersebut harus tetap berpedoman kepada Standar Operasional Prosedur (SOP) baik yang dipersiapkan sendiri maupun yang bersifat mandatori. Jadi SOP tersebut harus menjadi parameter dalam pelaksaan tugas,” imbuhnya.

“Seorang Analis Kepegawaian harus mampu memberikan penilaian terhadap semua pegawai sesuai dengan kompetensinya. Dari hasil penilaian tersebut, kemudian Analisis Kepegawaian dapat memberikan rekomendasi kepada atasannya. Tentu dalam pelaksanaan tugas tersebut harus dilakukan dengan normatif, objektif, proporsional, dan profesional,” pungkas Gunadi.

Sementara itu Plt. Kasubbag Kepegawaian dan Hukum, H. Nurhuda, S.Ag. M.S.I. mengatakan bahwa FGD tersebut sangat penting untuk melakukan evaluasi atas kinerja pegawai. FGD juga untuk mencari solusi atas berbagai permasalahan kepegawaian. “Selama pandemi ini memang menyebabkan keterlambatan pengurusan beberapa SK Kepegawaian. Baik itu kenaikan pangkat, pensiun, dan lainnya,” ujarnya.

“Dari presentasi permasalahan kepegawaian masing-masing Kankemenag, diharapkan ada hasil atau kesepakatan dalam mencari solusi,” harap Nurhuda.

Hadir dalam FGD tersebut Kasubbag TU Kankemenag Kulon Progo Moh Mustolih, Sleman Tulus Dumadi, dan Kota Yogyakarta Noor Imanah. Hadir juga para Analis Kepegawaian dari Kanwil dan Kankemenag kabupaten/kota se-DIY. (abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *