Kulon Progo (MTsN4KP) – Sebanyak 29 siswa kelas 9 MTsN 4 Kulon Progo yang hadir PTM mengikuti penyuluhan HIV/AIDS di Serambi Masjid madrasah setempat, Jum’at (6/11/2021). Bertindak sebagai narasumber, Rini Utami, A.Md. Keb. didampingi oleh Fransiska Silvianita. Keduanya merupakan tenaga kesehatan dari Puskesmas Girimulyo II, sebagai salah satu mitra dari MTsN 4 Kulon Progo, terutama dalam hal kesehatan siswa.

“HIV (Human Immundeficiency Virus) menyerang sel darah putih di dalam tubuh yang menyebabkan turunnya sistem kekebalan tubuh manusia. Sedangkan AIDS merupakan sekumpulan penyakit yang timbul karena turunnya kekebalan tubuh. Artinya karena kekebalan tubuh pada seseorang turun, maka orang tersebut mudah terkena penyakit,” jelas Rini.

“Salah satu cara penularannya adalah hubungan seks tanpa menggunakan kondom, dari seorang ibu hamil yang HIV positif selama masa kehamilan, waktu persalinan dan atau waktu menyusui. Selain itu, transfusi darah yang sudah tercemar HIV. Penggunaan jarum suntik juga penting diperhatikan,” imbuhnya.

Para siswa tampak antusias dalam mengikuti sesi pre test, ceramah, tanya jawab, maupun post test. Salah satu siswa yang aktif berpartisipasi yakni Gendis Chaerani Langit.

Koordinator acara, Widayati, S.Pd. mengatakan bahwa kegiatan tersebut memang dikhususkan bagi remaja yang telah berusia 15 tahun ke atas. “Harapannya agar siswa memiliki bekal yang cukup sehingga waspada dan memahami tentang HIV/AIDS. Agar berhati-hati dalam bergaul, karena lebih baik mencegah agar tidak terkena HIV/AIDS. Sampai saat ini belum ada obatnya. Yang penting pikirkan sekolah, tidak yang aneh-aneh,” tegasnya. (siw/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *