Kulon Progo (MIN3KP) – Dompet dhuafa melakukan supervisi coaching di MIN 3 Kulon Progo.  Coaching merupakan kegiatan atau metode yang berguna untuk mengembangkan keterampilan dan kemampuan, serta meningkatkan kinerja sumber daya manusia (SDM) untuk menemukan jawaban atas berbagai tantangan yang dihadapi oleh manusia. Hal tersebut disampaikan  Kepala MIN  3 Kulon Progo, R.M. Agus Marchaban saat menjadi coach di madrasah setempat, Senin (22/11/2021).

“Coaching yaitu kegiatan atau metode yang berguna untuk mengembangkan keterampilan dan kemampuan, serta meningkatkan kinerja sumber daya manusia (SDM) untuk menemukan jawaban atas berbagai tantangan yang dihadapi oleh manusia,” ujarnya.

“Coaching ini melatih seseorang untuk mengelola cara kerja otaknya sehingga mampu menghasilkan kinerja yang lebih baik, mampu menjadi pemimpin bagi diri sendiri, dan mampu menjadi pemimpin pembelajar manusia. Selain itu mampu menyesuaikan diri dengan kondisi sekarang untuk terus berkembang dan tumbuh. Diharapkan juga mampu mengaktualisasikan ide dan pemikirannya, sehingga orang tersebut bisa mengandalkan diri sendiri untuk menghasilkan keputusan serta tindakan yang lebih baik lagi,” lanjut Agus.

Dalam praktik penilaian coaching di madrasah tersebut R.M. Agus Marchaban sebagai coach. Mulyanto bersama Anisah keduanya selaku coachee sebagai guru. Keduanya menyampaikan permasalahan yang dihadapi dalam proses pembelajaran dan solusi yang akan dilaksanakan mendatang agar pembelajaran semakin meningkat.

Anisah menyampaikan permasalahan belum lancarnya membaca di kelas 1 karena pembelajaran lewat daring .  “Ini hampir satu semester anak-anak belum lancar dalam membaca, besok kalau sudah masuk tatap muka secara terus menerus akan kami berikan tambahan les membaca tanpa eja,” ungkap Anis.

Sementara Mulyanto menyampaikan permasalahannya tentang sulitnya siswa menghafalkan kosa kata baru dalam pelajaran Bahasa Arab. Yang dilakukan adalah dengan membuat konten youtobe pembelajaran Bahasa Arab yang menyenangkan. “Betul kami membuat youtube pembelajaran dengan tujuan anak-anak setiap saat bisa belajar menghafalkan mufrodat baru di manapun berada, karena saat ini hampir semua siswa mempunyai Handphone,” tuturnya. (myt/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *