Kulon Progo (MIMAKA) – MI Ma’arif Karangwuni (MIMAKA) menggelar screening kesehatan. Kegiatan ini bekerja sama dengan Puskesmas Wates. Petugas dari Puskesmas Wates yang bertugas di MI Ma’arif Karangwuni adalah Eman Sulaiman, Amk. dan Eny Rohmanawati, AMKG. Screening kesehatan dilaksanakan di madrasah setempat untuk kelas I dan II pada Rabu (24/11/2021).

Sebelum pelaksanaan, Eman Sulaiman menjelaskan apa saja yang akan diperiksa kepada anak-anak. “Anak-anak kelas I dan II akan diperiksa tinggi dan berat badan, mengukur lingkar lengan, kesehatan mata, dada, telinga, kuku, serta gigi,” ujarnya.

Screening kesehatan diberikan untuk kelas satu dengan jumlah siswa sebanyak 20. Namun 7 siswa setelah diperiksa harus mendapat pemeriksaan lanjutan di puskesmas dikarenakan ada masalah dibagian telinga, mata, maupun gigi. Adapun screening kesehatan untuk kelas II dengan jumlah siswa sebanyak 17. Namun 4 siswa setelah diperiksa harus mendapat pemeriksaan lanjutan di puskesmas dikarenakan ada masalah pada bagian telinga atau gigi.

Setelah semua siswa di periksa petugas Puskesmas Wates, Eny Rohmanawati menjelaskan kepada siswa bagaimana cara menjaga kesehatan mata, telinga, dan gigi. Siswa juga diajak mempraktikkan bagaimana cara menyikat gigi yang baik dan benar menggunakan alat peraga gigi.

Kepala Madrasah, Hartati, S.Pd.I. menjelaskan bahwa pelaksanaan screening kesehatan dilaksanakan secara bergantian dikarenakan mengingat masih masa pandemi, untuk menghindari kerumunan. “Alhamdulillah pelaksanaan screening kesehatan berjalan dengan lancar,” ungkapnya.

“Harapannya dengan pelaksanaan screening kesehatan, siswa di MI Ma’arif Karangwuni tidak mengalami gangguan pada kesehatan ke depannya, dan dapat mengikuti proses pembelajaran dengan baik,” harap Hartati. (mit/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *