Kulon Progo (MIN1KP) – Madrasah sebagai lembaga pendidikan berbasis Islam harus mampu meningkatkan kualitas dalam penyelenggaraan pendidikan. Hal ini disampaikan oleh Kepala MIN 1 Kulon Progo Kasmad Rifangi,M.Pd. dalam Konferensi Internasional yang diselenggarakan oleh UIN Sunan Kalijaga bekerja sama dengan Universitas Kebangsaan Malaysia. Konferensi Internasional dengan tema Integration and Interconnection of Knowledge in the Complex Transdiscipline Era, Kasmad Rifangi,M.Pd. bertindak sebagai salah satu narasumber mengangkat judul Increasing Teacher Performance Through The Development of Integrated Clinical Supervision Model With Spiritual Question in MIN 1 Kulon Progo. Bertempat di rumah masing-masing melalui media virtual zoom meeting Konferensi Internasional dilaksanakan Rabu (24/11/2021).

Dalam materinya Kasmad Rifangi menyampaikan pentingnya mengembangkan sebuah model supervisi klinis terpadu. “Agar kinerja guru stabil maka penting untuk menyatukan konsep supervisi klinis, konsep lesson study dan konsep kecerdasan spiritual,” ucapnya.

Lebih lanjut Kasmad mengungkapkan bahwa proses supervisi klinis terpadu harus dilandasi dengan suasana spiritual yang kuat, di mana para guru selalu diingatkan bahwa tujuan dari mengajarnya adalah hanya karena mencari ridha Allah SWT. “Dengan penguatan Spiritual Quotient (SQ) maka karakteristik madrasah akan lebih terlihat serta dapat meningkatkan prestasi guru dan siswa,” lanjutnya.

Sebanyak 171 participant hadir dalam kesempatan ini. Bertindak sebagai moderator adalah Dr. Katrin Kohl dan Assoc. Prof.Dr.Che Radziah. Tercatat sebagai narasumber yang lain yaitu Dr.Abdul Rahman Al-Sayed, Prof.Dr.M.Amin Abdullah, Dr.Ethel Agnes, Prof.Dr.Phil. Al Makin,MA., Prof. Charles A. Hopkins, dan Prof.Dr.Mohd. Yusof Hj.Othman. (cha/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *