Kulon Progo (Kankemenag) – Minggu ini Seksi PHU Kankemenag Kulon Progo masih rutin dengan kegiatan Sosialisasi HAJI SIAGA. Kamis (25/11/2021) ini kegiatan berlangsung di Balai Nikah dan Manasik Haji KUA Nanggulan.

Dalam sambutannya Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU), H. Saeful Hadi, S.Ag. M.Pd.I. menyatakan bahwa program ini mendasar pada banyak jemaah haji yang belum begitu paham ilmu-ilmu dasar agama. “Pertemuan hari ini adalah kegiatan sosialisasi yang ke-10 dari rangkaian kegiatan Sosialisasi HAJI SIAGA Kankemenag Kulon Progo. Latar belakang dijalankannya program HAJI SIAGA ini adalah karena banyaknya jemaah haji yang belum memahami dasar-dasar tata cara beribadah, seperti shalat, thaharah, membaca Al-Qur’an, do’a harian, dan hafalan surat-surat pendek sebagai bekal untuk beribadah sehari-hari,” ujarnya.

“Keadaan ini membuat PHU Kankemenag Kulon Progo tergerak untuk memberikan jalan bagi jemaah haji yang ingin lebih banyak belajar agama, melalu kerja sama dengan lembaga-lembaga yang berkompeten di bidang ini, seperti Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA), Pondok Pesantren, Madrasah Diniyah, dan lain-lain yang ada di wilayah Kabupaten Kulon Progo,” imbuh Saeful.

Selanjutnya, Kepala KUA Nanggulan, Marjuki, SHI., M.SI. menyambut kegiatan ini dengan baik. Jajaran staf KUA Nanggulan siap membersamai jemaah haji yang ingin mengaji ilmu agama selama menunggu masa pemberangkatan ibadah haji yang Insya Allah tahun depan akan diberangkatkan.
“Pada kegiatan hari ini, jemaah haji yang hadir langsung memilih akan bergabung dengan kelompok mengaji yang telah bersedia memberikan bimbingan. di antaranya ada TPA As Syams pimpinan Supardi di Dengok, Tanjungharjo, TPA Al-Hidayah, Sokorojo, Wijimulyo pimpinan H. Edi Purnomo, Madrasah Diniyah (Madin) Darunnajah, pimpinan Hj. Nurhayati di Boto VIII, Kembang, Nanggulan, dan Madin Raudhlatul Thulab pimpinan Marjuki,” tuturnya. (tin/abi).
Tetap sehat dan semangat
#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *