Kulon Progo (MTsN6KP) – Penelitian Tindakan Madrasah (PTM) merupakan bagian penting dalam meningkatkan kompetensi Kepala Madrasah. Kepala MTsN 6 Kulon Progo Zainuri, S.Pd. M.S.I. berhasil merubah tradisi di lingkungan MTsN 6 Kulon Progo dengan melakukan Penelitian Tindakan Madrasah. Penelitian ini berjudul “Meningkatkan Kompetensi penyusunan soal HOTS Guru MTsN 6 Kulon Progo melalui Workshop Pada Semester Gasal  Tahun Pelajaran 2021-2022.” Penelitian tersebut  dilakukan mulai Agustus sampai Desember 2021. Presentasi hasil penelitian tersebut dilakukan bersama MKKS SMP/MTs se-Kabupaten Kulon Progo pada akhir Nopember lalu, dan selesai menyusun laporan pada  Selasa (7/12/2021).

Kegiatan Presentasi tersebut berjalan dengan lancar. Ini merupakan kegiatan tahunan untuk meningkatkan Kompetensi Kepala Sekolah/Madrasah di Kulon Progo. Dalam kesempatan tersebut, sebagai pendamping adalah Drs. Legiman, M.Pd. dari LPMP Yogyakarta. Sebelum kegiatan dimulai, Pendamping menyampaikan pesan  agar para Kepala Sekolah aktif membuat Karya Tulis Ilmiah. Tujuannya selain untuk meningkatkan Kompetensi Kepala Sekolah, juga untuk mengidentifikasi permasalahan-permasalahan yang ada di sekolah untuk dicarikan solusinya. Presentasi dilaksanakan di Ruang Kelas SMPN 2 Nanggulan Kulon Progo.

Dalam paparannya, Zainuri, S.Pd. M.S.I. menyampaikan bahwa sebagian besar Guru di MTsN 6 Kulon Progo saat ini belum dapat menyusun soal HOTS dengan baik. “Untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun soal HOTS tersebut, maka dilakukan kegiatan Workshop Penulisan soal HOTS. Dengan harapan guru akan semakin paham dan mampu menyusun soal berbasis HOTS dengan baik. Kegiatan Workshop penulisan soal berbasis HOTS, dapat meningkatkan kemampuan guru MTsN 6 Kulon Progo dalam menyusun soal berbasis HOTS,” terangnya.

Selepas presentasi Zainuri menyampaikan rasa senangnya bisa berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. “Saya merasa senang, bisa berpartisipasi dalam kegiatan forum ilmiah ini sampai penyusunan  laporan sampai akhir. Kegiatan ini sangat penting bagi Kepala Madrasah, untuk meningkatkan Kompetensi Profesionalnya. Kegiatan ini juga sangat bermanfaat bagi Sekolah atau Madrasah, untuk mengetahui segala permasalahan dan mencari solusinya,” ungkapnya.

Di akhir kegiatan, Kepala Madrasah berpesan kepada para guru.”Mari kita senantiasa meningkatkan kemampuan profesionalitasnya dengan mengikuti kegiatan-kegiatan ilmiah. Di zaman seperti sekarang ini, orang akan selalu dituntut untuk bekerja secara profesional, apapun pekerjaan kita. Jadi, jangan hanya jadi orang yang biasa-biasa saja, tetapi jadilah orang yang luar biasa,” pungkasnya. (zan/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *