Kulon Progo (KUA Wates) – KUA Kapanewon Wates menggelar Rapat Koordinasi untuk membentuk kepengurusan baru Dewan Masjid Indonesia (DMI) masa bakti tahun 2022-2026. Kegiatan Rakor DMI ini di fasilitasi oleh KUA Wates sebagai upaya untuk merevitalisasi keorganisasian DMI yang telah lama vakum. Rakor dihadiri perwakilan dari pengurus PC Muhammadiyah, MWC NU, tokoh masyarakat perwakilan dari kalurahan se-Kapanewon Wates, Penyuluh Agama Islam baik PNS maupun Non PNS. Rakor berlangsung di Balai Nikah KUA setempat, Rabu (22/12/2021).

Kepala KUA Wates, Latif Fuad Nurul Huda, S.Ag. MSI. menyampaikan terima kasih kepada seleluruh peserta Rapat yang telah hadir meluangkan waktu untuk menghadiri rakor ini. Ia menyambut baik pembentukan pengurus DMI Kapanewon Wates, karena DMI Kapanewon Wates  sudah vakum cukup lama dan perlu adanya revitalisasi kepengurusan.

“Kepengerusan DMI Wates perlu dilakukan penyegaran dan revitasasi karena selama ini masih vakum. Selain itu dengan adanya DMI ini nantinya akan terjalin ukhuwah islamiyah yang erat antara para takmir baik dari kalangan Nahdhotul Ulama maupun Muhammadiyah. Juga untuk menjalin keharmonisan sesama takmir dalam hal lainnya. Hal ini juga untuk mendukung kegiatan DMI kabupaten yang mana adanya program untuk saling membantu masjid-masjid yang masih membutuhkan dan masih minim bantuan. Program ini dari masjid untuk masjid yang mana dananya diambil dari infak setiap Jum’at sebesar Rp. 10000,-,” ujar Latif.

“Saat ini masjid sebagai tempat ibadah umat Islam baru berfungsi sebagai sarana ibadah dalam mahdhah, seperti shalt berjamaah, dzikir kepada Allah semata. Sementara masjid sebagai pusat pembinaan, pengembangan, dan pemberdayaan umat belum berjalan maksimal. Dengan adanya kepengeurusan DMI ini diharapkan mampu mewujudkan fungsi masjid sebagai pusat ibadah, pengembangan, dan pemberdayaa umat, sekaligus upaya merajut persatuan bangsa,” terangnya.

“DMI Kapanewon Wates yang baru agar sesegera mungkin dan dikirim ke DMI tingkat kabupaten. Setelah SK kepengurusan DMI Wates  dikeluarkan, maka agar segera membuat program kerja yang bisa dijadikan acuan dalam melaksanakan kegiatan DMI,”  pinta Latif.

Setelah dibuka secara resmi, acara dilanjutkan dengan pemilihan pengurus DMI Kapanewon Wates dengan dipandu oleh PAIF, Muqoffa Mahyudin. Pemilihan dilakukan secara musyawarah mufakat dan demokratis dengan menghasilkan kepengurusan DMI Wates periode 2020-2026. Ketua Umum, H. Sutarno, S.Ag., Sekretaris, Luazizah, SHI, dan Bendahara, Nima Tika Wati, SEI.  (mkp/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.