Kulon Progo (MTs DU) – MTs Darul Ulum Muhammadiyah Galur menggali kemampuan wirausaha siswa dengan mengadakan pelatihan entrepreneurship. Kegiatan ini diikuti oleh anggota IPM sejumlah 20 siswa untuk mengisi hari libur dengan kegiatan yang positif dan bermanfaat. Kegiatan dilaksanakan pada Ahad (9/1/2022) bertempat di MTs Darul Ulum Muhammadiyah Galur.

Di era globalisasi ini, kemampuan berwirausaha sangatlah diperlukan. Peluang usaha kini semakin diminati di segala usia, karena dianggap lebih mudah menghasilkan keuntungan. Apalagi sekarang ini, peluang usaha makin terbuka lebar dan dimudahkan dengan majunya teknologi. Teknologi yang semakin maju dan juga jejaring yang semakin tersebar luas di dunia, memudahkan gaya hidup masyarakat modern. Dengan memanfaatkan dan merintis peluang usaha tidak bisa dipungkiri kesuksesan bisa diraih sejak dini.

Peluang usaha inilah dimanfaatkan oleh MTs Darul Ulum Muhammadiyah Galur dengan menggandeng entreprenuer muda yang kebetulan merupakan guru di madrasah ini, Shara Octaria Pusparani, S.Pd. Ia merintis usaha jasa “GiftMe Bouquet” yang merupakan jasa membungkus hadiah ‘kekinian’ (wrapping) yang mulai digemari di kalangan anak muda. Bentuk kekinian dan juga dengan ragam bentuk maupun isian yang beragam mulai dari snack ringan sampai uang kertas, membuat usaha ini bisa dijadikan peluang untuk membuka usaha.

Tampak para siswa sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Dengan telaten Shara Octaria Pusparani mendampingi dan membimbing para siswa merangkai hadiah berupa snack-snack ringan dengan model yang kekinian. Bahan baku yang diperlukan pun sangat mudah didapatkan dengan harga yang ekonomis. “Antusiasme siswa sangat luar biasa dan semoga mereka bisa menambah skill kewirausahaan serta kelak dapat menjadikan bekal untuk merintis usaha dalam membuka lapangan pekerjaan,” tutur Shara.

Salah satu anggota IPM, Elis mengungkapkan kegembiraannya bisa mengikuti pelatihan tersebut. “Kegiatan ini sangat menyenangkan, menambah pengalaman dan bisa mengasah kreativitas saya,” ujarnya.

Setelah selesai, para siswa kemudian memajang dan juga mengunggah hasil karya mereka di media sosial. (mty/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

3 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *