Kulon Progo (Kankemenag) – Masih dalam rangka memperingati Hari Amal Bhakti (HAB) ke-76 Kemenag RI, hal berbeda dilakukan oleh Kankemenag Kulon Progo. Dipimpin langsung oleh Kepala Kankemenag Kulon Progo, H.M. Wahib Jamil, S.Ag. M.Pd. menggelar acara Tour de Pesantren. Acara tersebut digelar Rabu (12/1/2022) menuju 10 Pondok Pesantren di wilayah Kulon Progo.

“Hari ini kami mengadakan  tour de pesantren. Hal ini dalam rangka menyambung silaturahmi antara Kankemenag Kulon Progo dengan pondok pesantren. Ini dalam rangka memperingati HAB ke-76 Kemenag RI,” ujar Kakan.

“Kunjungan ini juga dalam rangka membangun sinergi antara pemerintah, pondok pesantren, dan masyarakat. Sinergi dalam rangka membangun pendidikan di pondok pesantren,” imbuhnya.

“Kami juga mohon dukungan dari pondok pesantren dalam turut membangun masyarakat. Diharapkan pondok pesantren meningkatkan pengawasan terhadap perilaku dari anak asuh dan pihak-pihak terkait,” pungkas Jamil.

Kunjungan ke Pondok Pesantren tersebut digelar dalam ajang Tour de pesantren. Tim dari Kankemenag Kulon Progo ini memang melaksanakan kunjungan ke pondok pesantren dengan cara touring menggunakan motor.

Sementara itu Penyelenggara Zakat dan Wakaf, sekaligus Koordinator Seksi Bakti Sosial, Haris Widiyanto, S.H. mengatakan bahwa dalam agenda kunjungan tersebut Kankemenag Kulon Progo menyerahkan dana bantuan dari Baznas setempat. “Ada 10 pondok pesantren yang kita kunjungi hari ini. Masing-masing mendapatkan bantuan 10 juta rupiah dari Baznas Kulon Progo. Bantuan ini disalurkan memalui UPZ Kankemenag Kulon Progo dalam rangka HAB ke-76,” ujar Haris.

Adapun 10 pondok pesantren yang dikunjungi Kankemenag Kulon Progo dan mendapatkan dana bantuan dari Baznas antara lain: PP Al Qur’an Wates (Pesawat) di Kedungpring Giripeni Wates, PP Al Hidayah Karangwuluh Lor Karangwuluh Temon, PP Nurul Jannah Jomboran Janten Temon, PP Ijtihadul Mujtahidin Gunung Kukusan Hargorejo Kokap, PP Al Qur’an Sholahudin Al Ayyubi Kamal Karangsari Pengasih, PP Nurul Falah Serang Sendangsari Pengasih.

Selanjutnya PP Al Maun Grubug Jatisarono Nanggulan, PP Al Ma’ruf Kalimenur Sukoreno Sentolo, PP Nurul Amin Metal Malangan Srikayangan Sentolo, dan PP Darul ‘Ulum Sewugalur Karangsewu Galur. (abi).
Tetap sehat dan semangat
#LawanCovid-19

2 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.