Kulon Progo (MTsN6KP) – Memanfaatkan waktu dengan baik adalah bekal kesuksesan. Seperti halnya yang dilakukan para siswa MTsN 6 Kulon Progo. Mereka berlatih catur saat jeda istirahat kegiatan belajar mengajar, Rabu (12/1/2022). Latihan ini mereka lakukan untuk mengisi waktu luang istirahat KBM dengan kegiatan bermanfaat.

Kepala MTsN 6 Kulon Progo, Zainuri, S.Pd., M.S.I. mengapresiasi kegiatan siswa berlatih catur itu. “Bagus sekali anak-anakku, isilah waktu dengan aktivitas bermanfaat. Semoga cabor catur bisa mengharumkan nama madrasah kita pula,” tutur Kamad.

Seperti kita ketahui bersama, catur adalah permainan papan strategi. Catur dimainkan pada sebuah papan kotak-kotak. Jumlahnya terdiri dari 64 kotak dan terbagi sama rata dalam kelompok warna putih dan hitam.

Ternyata, permainan catur bermanfaat bagi tubuh, terutama kesehatan otak dan mental. Jika rutin bermain catur, pemain bisa mendapatkan banyak manfaatnya.

Seperti yang disampaikan Guru Panjaskes MTsN 6 Kulon Progo, Dra. Sulastri, M.Pd. Berbagai sumber banyak menyebutkan sejumlah manfaat bermain  catur untuk kesehatan. “Bermain catur bermanfaat untuk melatih otak, meningkatkan daya ingat, meningkatkan kreativitas, mencegah alzheimer, mengatasi skizofrenia, mencegah kepanikan, dan membangun kepercayaan diri,” paparnya.

“Jika rutin bermain catur, pemain bisa mendapatkan banyak manfaatnya,” pungkasnya. (asz/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

7 replies
  1. Zuni Astuti
    Zuni Astuti says:

    Alhamdulillah, anak2 punya semangat untuk tetap belajar meskipun sambil bermain, catur merupakan permainan yang mendidik anak untuk berpikir jauh ke depan, karena dalam catur, saat dia melangkah, pasti dia akan memikirkan apa yang terjadi 2 atau 3 langkah berikutnya. Semangat terus, semoga bisa mencetak generasi cerdas MTsN 6 Kulon Progo.

    Balas
  2. Dra. Sulastri, M.Pd.
    Dra. Sulastri, M.Pd. says:

    Utk siswa ibu yg chantykkk2 and ganthenggg2, ayo tingkatkan prestasi anda dlm segi agama, umum dan OR, dg pembiasaan disiplin, smg MTsN 6 KP semakin jaya, Salam OR…Jaya…!!!

    Balas

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *